nusabali

Bali United Rebut Puncak Klasemen

  • www.nusabali.com-bali-united-rebut-puncak-klasemen

Tambahan satu poin membuat Bali United mengumpulkan 10 poin, sama dengan nilai Persita Tangerang, Dewa United, dan Madura United. Namun skuad Serdadu Tridatu unggul selisih gol atas Persita, serta menang head to head dengan Dewa United dan Madura United

GIANYAR, NusaBali
Sukses meraih satu poin di kandang Persib Bandung pada Kamis (3/8) malam, Bali United berhasil merebut puncak klasemen sementara Kompetisi Liga 1. Ya, Bali United menahan imbang Persib 0-0, dalam lanjutan laga pekan ke-5 kompetisi BRI Liga 1 2023/2024, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis (3/8) malam.

Tambahan satu poin membuat Bali United mengumpulkan 10 poin, sama dengan nilai Persita Tangerang, Dewa United, dan Madura United.  Namun Bali United unggul selisih gol dengan Persita, serta menang head to head atas Dewa United maupun Madura United, sehingga berhak di puncak klasemen. Hasil imbang itu menjadi yang pertama diraih Kadek Arel Priyatna dkk hingga pekan kelima.

Pelatih Kepala Bali United, Allesandro Stefano ‘Teco’ Cugurra Rodriguez didampingi Kadek Arel Priyatna dkk mengakui timnya bermain lebih bagus pada babak pertama dibandingkan Persib. Timnya bermain sangat terbuka dan berupaya mencetak gol kemenangan, namun kedudukan tetap berakhir dengan imbang.

"Hasil imbang satu poin sudah cukup bagi kita, karena pada babak kedua kita pilih bermain bertahan untuk tidak kebobolan, karena lawan sebenarnya ingin mencetak gol, tapi kita mampu mengamankan lini belakang tanpa kebobolan," kata Teco.

Sedangkan Kadek Arel Priyatna mengakui pertandingan berlangsung sangat ketat, terlepas sudah dapat menahan imbang Persib Bandung kandangnya. "Sebenarnya target kita adalah meraih kemenangan, tapi hasilnya hanya dapat poin satu," tutur Kadek Arel Priyatna.

Jalannya laga babak pertama dan kedua berjalan dengan tempo tinggi. Tim Maung Bandung yang berupaya memutus tren negatif dari Bali United dan bertindak selaku tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan. Laga yang dipimpin wasit Gedion Dapaherang, Persib menurunkan pemain terbaiknya sebagai starter.

Dalam situasi buntu tanpa gol, pelatih Persib Bojan Hodam beberapa kali terlihat melakukan rotasi.  Salah satunya memasukkan gelandang bertahan Rahmat Irianto menggantikan Marc Klok yang sempat terkena kartu kuning.

Persib sempat mendapatkan peluang emas dari Ezra Walian menit ke 50, namun tendangannya melambung diatas kiper Adilson Maringa. Padahal Ezra Walian tinggal berhadapan dengan bek lawan dan tanpa pengawalan ketat.  Berikutnya peluang David Da Silva, yang gagal mengkonversi umpan Ciro Alves. 

Terlepas dari gempuran tim tuan rumah, kiper Bali United Adilson Maringa juga melakukan penyelamatan gemilang menit ke-68. Selain itu, para penyerang Bali United juga sempat mendapatkan peluang emas, yang berawal dari kesalahan bek Persib. Namun M Rahmat yang berhadapan dengan kiper, gagal memanfaatkan back pass bek Persib pada awal laga.
 
Peluang Bali  United juga melalui sundulan Jefferson Mateus , meski gagal menjebol gawang Fitrul Dwi Rustapa, yang juga tampil bagus. Peluang Privat Mbarga lewat sundulan tipis disisi kiri gawang Persib.

Arsitek Bali United Stefano Cugurra juga beberapa kali mengubah formasi anak asuhnya. Novri Setiawan ditarik keluar digantikan Ardi Idrus, dan Jefferson digantikan Ilija Spasojevic.

Lini belakang Bali United juga jatuh bangun mengamankan gawang, hingga Jajang Mulyana ikut dimasukkan dengan menggunakan tiga center bek sekaligus menggantikan bek sayap kiri Ricky Fajrin.

Strategi ini cukup ampuh meredam lini depan Persib yang dihuni sejumlah pemain berkualitas. Hingga injury time 90 menit +4, pemain pengganti Kadek Agung Widnyana Putra mendapatkan umpan M Rasyid, namun bola lepas di depan gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Hingga akhirnya laga tuntas 0-0, sekaligus rekor pertemuan kedua tim antara masih didominasi Skuad Serdadu Tridatu. dek

Komentar