nusabali

Pedagang Musiman Dongkrak Pendapatan Pasar

  • www.nusabali.com-pedagang-musiman-dongkrak-pendapatan-pasar

BANGLI, NusaBali - Pasar Kidul Bangli mulai ramai dengan kehadiran pedagang musiman. Pedagang musiman cukup menunjang pendapatan dari retribusi pasar. Hal tersebut diakui Kepala Pasar Kidul Bangli, Dewa Agung Adi Oka pada Minggu (30/7).

Agung Oka mengatakan menjelang Hari Raya Galungan aktivitas di Pasar Kidul Bangli mulai meningkat. Peningkatan aktivitas sudah berlangsung H-3 jelang hari raya Galungan.

Peningkatan aktivitas dibarengi dengan mulai menjamurnya pedagang musiman.

“Peningkatan terjadi sejak H-3 Hari raya Galungan, sedangkan untuk puncaknya terjadi pada Penyajahan Galungan,” sebutnya.

Para pedagang musiman memanfaatkan trotoar di seputaran pasar Kidul. Walaupun pedagang musiman, mereka tetap dikenakan retribusi.

Agar lebih tertata rapi dan tertib,  pihaknya menyiapkan tempat untuk para pedagang musiman tersebut.

"Tempat sudah kita siapkan, untuk mengatur pedagang yang membludak,  dari subuh petugas kami sudah lakukan pengaturan," kata Agung Oka.

Kehadiran pedagang musiman bisa mendongkrak pendapatan pungutan retribusi. Jika berkaca dari Hari Raya Galungan sebelumnya, saat Penyajahan Galungan pungutan retribusi mencapai Rp 5 juta lebih.

"Kalau hari-hari biasa hasil pungutan retribusi kisaran Rp 4 juta, sedangkan jelang hari raya ada peningkatan,” jelasnya.

Untuk besaran retribusi disesuaikan dengan perda. Agung Oka mencontohkan untuk pedagang kecil dikenakan Rp 2.000.

Antisipasi peningkatan aktivitas pasar, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instasi terkait baik dengan pihak kepolisian, Satpol PP, TNI dan Dinas Perhubungan.

"Masalah keamanan menjadi skala prioritas. Selain diatensi petugas dari internal kami, juga diback-up petugas," ujarnya.

Sementara untuk pengunjung pasar, pihaknya mengimbau agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan menghindari menggunakan barang-barang berharga yang dapat mengundang perhatian orang melakukan tindak kejahatan. 7esa.

Komentar