nusabali

Mentan Dukung Perkuat Pertanian Bawang Merah

  • www.nusabali.com-mentan-dukung-perkuat-pertanian-bawang-merah

BANGLI, NusaBali - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangli, Jumat (28/7) petang. Mentan Yasin Limpo bersama masyarakat melakukan penanaman bawang merah di Kelompok Tani Sejati, Desa Songan B, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Mentan Yasin Limpo mengatakan potensi pertanian yang diperkuat adalah bawang merah. Kata dia, secara nasional bawang merah masih surplus, namun dalam menghadapi dampak El Nino, tentu ini menjadi tantangan dunia. “Potensi-potensi pertanian kita yang kuat adalah bawang merah,” ujar Yasin Limpo.

Pihaknya berharap potensi yang ada harus dikembangkan, tidak hanya untuk Provinsi Bali saja. “Tetapi bawang dari Kintamani ini bisa mengisi daerah yang kurang di Indonesia. Kita sepakat untuk melakukan ekspor, karena kita punya kelebihan diatas 300.000 ton," ujarnya.

Disinggung terkait upaya menekan impor bawang putih, Mentan Yasin Limpo mengatakan jika bawang putih bukan menjadi komoditi yang utama, mengingat bawang putih tempatnya di daerah sub tropis. "Kita tropis, kekuatan kita di bawang merah. Bukan berarti kita tidak bisa tanam tetapi bawang putih lebih cocok di daerah sub tropis," terangnya.

Disampaikan pula bawang merah dikembangkan di daerah yang sama seperti di Kintamani. “Rencana bulan Agustus mendatang kita mulai akan dilakukan ekspor bawang merah,” tegas politikus Partai NasDem ini. esa 

Komentar