nusabali

Bayar Pajak Non Tunai Bonus Gula Pasir

  • www.nusabali.com-bayar-pajak-non-tunai-bonus-gula-pasir

SINGARAJA, NusaBali - Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Buleleng bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali meluncurkan program ‘Sweet Sunday’.

Program ini dikhususkan untuk pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) dengan sistem pembayaran non tunai.

Program ini dinamakan Sweet Sunday karena digelar setiap hari Minggu saat car free day di depan Taman Kota Singaraja. Wajib Pajak (WP) akan mendapatkan bingkisan gula pasir untuk setiap kali transaksi pembayaran non tunai.

Kepala BPKPD Buleleng Gede Sugiartha Widiada, Jumat (21/7), mengatakan program Sweet Sunday ini merupakan salah satu terobosan untuk memaksimalkan penagihan PBB-P2. Meskipun nilai gula pasir yang diberikan sebagai reward tidak seberapa, namun program ini diklaim Sugiartha sangat diminati masyarakat.

“Kemarin terakhir bulan Juni kami siapkan 750 kilogram gula pasir support dari BPD Bali,” terang Sugiartha.

Namun reward ini juga dibuka setiap hari Kamis di Kantor BPKPD Buleleng dan pada saat Gebyar Pajak. “Selama persediaan masih ada, kami terus distribusikan untuk pembayaran non tunai, bisa pakai QRISS atau transfer,” imbuh mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran ini.

Selain program Sweet Sunday, upaya memaksimalkan realisasi PBB-P2 juga dilakukan Gebyar Pajak dan juga pemungutan dengan sistem jemput bola. Data BPKPD Buleleng hingga 21 Juli 2023,  realisasi PBB-P2 baru mencapai Rp 33 persen atau Rp 9,92 miliar dari target Rp 30 miliar.

Sedangkan secara keseluruhan tahun ini target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 10 jenis pajak sebesar Rp 183,20 miliar. Terakhir sudah terealisasi Rp 104,94 miliar atau 57,28 persen. 7k23

Komentar