nusabali

10 Bungkus Shabu Diamankan di Rutan

  • www.nusabali.com-10-bungkus-shabu-diamankan-di-rutan

Kamis (13/7), saat salah seorang warga binaan di Rutan tersebut mendengar suara benda jatuh.

BANGLI, NusaBali
10 klip bening berisi shabu diamankan Sat Resnarkoba Polres Bangli. Paket narkoba dalam kemasan mainan anak-anak plastisin ini, masuk areal Rutan Klas II B Bangli dengan cara dilempar oleh pelaku.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan Bangli Agus Setiawan, saat dikonfirmasi, membenarkan kejadian tersebut. Dia telah berkoordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Bangli untuk penanganan kasus ini lebih lanjut. "Kasus ini sudah dalam penyelidikan Sat Narkoba Polres Bangli," ungkapnya, Minggu (16/7). 

Terpisah, Kasat Narkoba Polres Bangli AKP I Gusti Made Dharma Sudhira menjelaskan, pada Kamis (13/7), saat salah seorang warga binaan di Rutan tersebut mendengar suara benda jatuh. Suara itu didengar sekitar pukul 10.56 Wita, dari sisi barat Rutan Bangli. Kemudian, warga binaan tersebut mengecek sumber suara. "Yang bersangkutan menemukan benda bulat warna ungu seukuran kepalan orang dewasa," jelasnya. Temuan tersebut selanjutnya dilaporkan ke kepala keamanan di Rutan. 

Kemudian, dua petugas keamanan mendatangi lokasi dan mengamankan benda tersebut. Di ruangan staf, benda bulat berbahan plastisin itu dibuka, disaksikan petugas rutan lainnya. "Saat dibuka ada plastik klip berisi kristal bening. Atas temuan ini pihak rutan Bangli kemudian menghubungi kami," ujarnya. 

Berdasarkan, hasil pemeriksaan pihaknya menggunakan alat teskit. Benda tersebut positif mengandung methamphetamin atau narkoba jenis shabu-sahbu. Total barang bukti narkoba tersebut 8,91 gram netto. "Dari jumlah tersebut dibagi dalam10 plastik klip bening," sebutnya. 

Disinggung terkait penanganan kasus tersebut, AKP Sudhira mengatakan pihaknya telah meminta keterangan petugas yang mengamankan, maupun warga binaan yang menemukan pertama kali. Diakui, pihaknya kini masih menyelidiki terkait kepemilikan narkotika tersebut.

Jelasnya, aksi penyelundupan narkoba ke dalam Rutan Kelas II B Bangli, bukan baru pertama kali terjadi. Selama menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Bangli, tercatat ada tiga kali kejadian serupa ke dalam Rutan. Di antaranya, dua kejadian menggunakan jasa ekspedisi, dan satu kejadian dengan cara dilempar.

"Kami akan terus berupaya melakukan pencegahan peredaran dan pemakaian narkoba, bersama dengan pihak Rutan Bangli," kata AKP Sudhira. Dia mengingatkan agar pihak Rutan memperketat pengamanan.7esa

Komentar