nusabali

PKB Ditutup Lanjut Pembukaan FSBJ oleh Menkes

  • www.nusabali.com-pkb-ditutup-lanjut-pembukaan-fsbj-oleh-menkes

DENPASAR, NusaBali - Setelah sebulan berpesta seni tradisi dalam hajatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 Tahun 2023, seniman dan para pecinta seni akan lanjut berfestival seni modern dalam ajang Festival Seni Bali Jani (FSBJ) V Tahun 2023.

Gubernur Bali Wayan Koster akan menutup PKB 2023, kemudian Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin didaulat membuka FSBJ V Tahun 2023 dalam satu panggung di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya (Art Center) Provinsi Bali, Denpasar, Minggu (16/7) besok.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiarta menyampaikan pelaksanaan FSBJ disambung setelah PKB agar suasana ramai Pesta Kesenian Bali berimbas ke FSBJ. Sebab selama ini, penonton FSBJ masih kurang banyak dibandingkan dengan pengunjung PKB. Karena itu pelaksanaannya dipepet agar penonton yang terbiasa ke PKB, juga akan tahu ada FSBJ.

"Dalam konteks ini, dari segi konseptual, memang tidak ada suatu yang terputus antara seni tradisi dengan seni modern. Seni tradisi dan seni modern, sebuah untaian yang terangkai sambung menyambung. Makanya, konsep yang ditawarkan itu adalah berkesinambungan dalam perubahan. Bukan berkesinambungan dan perubahan. Jadi, setelah merawat tradisi (melalui PKB, Red), kita lanjutkan dengan berinovasi (FSBJ)," ujar mantan Rektor ISI Denpasar ini, Jumat (14/7)

Dikatakan, jika dalam acara penutupan PKB biasanya dipentaskan sendratari, tetapi karena kali ini dirangkai dengan pembukaan FSBJ 2023, maka dua agenda ini akan dimeriahkan dengan Opera in Paradise, semacam drama musikal.

Sementara itu, Festival Seni Bali Jani 2023 menyajikan 73 mata acara, meliputi adilango, utsawa, musik, puisi dan teater, timbang rasa, lomba, drama, aguron-guron, selebrasi Bali Jani, beranda pustaka, pameran kartun, Pameran Bali Megarupa, Pameran Bali Bangkit dan sebagainya. Ada agenda baru pada FSBJ kali ini, yakni Diskusi Pojok Media. Dijadwalkan ada dua diskusi tentang jurnalistik dan fotografi, menghadirkan narasumber berkompeten. Selain itu akan ada pergelaran salah satunya persembahan wartawan media Bali.

Kurator FSBJ Warih Wisatsana menjelaskan, total terdapat 73 agenda isian FSBJ V Tahun 2023. Adapun adilango (pergelaran) sebanyak 14 acara (termasuk pembukaan dan penutupan), utsawa (parade) 26 pertunjukan, 16 open call (dari 27 pengajuan), musik sebanyak 4 pementasan, puisi dan teater 6 kegiatan, dan timbang rasa (sarasehan) sebanyak 7 acara. "Beberapa narasumber datang langsung ke acara, termasuk Isadora F," ucap Warih.

Sedangkan untuk lomba terdapat 5 kegiatan, di antaranya lomba animasi, paduan suara, stand up comedy, puisi, dan drama. Sementara aguron-guron (lokakarya) sebanyak 2 kegiatan, Selebrasi Bali Jani 1 acara penampilan duta kesenian Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur.

Beranda Pustaka terdapat 11 kegiatan, di antaranya 8 diskusi, 1 mural, 1 kartun on the spot, dan 1 tayangan film. "Beberapa pembicara luar Bali juga hadir langsung ke acara, termasuk Prof Koh (Korea Selatan), penerbit yang terlibat pameran buku sebanyak 50 lebih," bebernya. Selanjutnya Diskusi Pojok Media terdapat 2 kegiatan, dan Pameran Bali Bangkit dan Pameran Kartun sebanyak 1 kegiatan.

Ia menambahkan, untuk pameran Bali Megarupa akan melibatkan 99 seniman dan 17 di antaranya merupakan seniman luar negeri dari Korea, Amerika, Belanda, Jepang, Italia, dan India. 7 cr78

Komentar