nusabali

19 Desa di Karangasem Masih Rawan Air

  • www.nusabali.com-19-desa-di-karangasem-masih-rawan-air
  • www.nusabali.com-19-desa-di-karangasem-masih-rawan-air

Bantuan Pamsimas dari Kementerian PUPR tahun 2022 hanya berupa 1.500 sambungan rumah di enam desa.

AMLAPURA, NusaBali
Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) RI, tahun 2023 memberikan bantuan program Pamsimas (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) untuk tujuh desa di Karangasem. Di luar tujuh des aitu, kini di Karangasem masih ada 19 desa tergolong desa rawan air.

"Warga di tujuh desa ini kebanyakan memanfaatkan mata air, sebagian menggunakan sumur bor," jelas Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Karangasem I Ketut Prama Budarta, di ruang kerjanya, Jalan Nenas, Amlapura, Minggu (13/7).

Prama Budarta mengaku telah menyosialisasikan program Pamsimas yang menyasar tujuh desa tersebut. Dengan proyek ini, nantinya masyarakat lebih optimal dapat pelayanan air bersih, tidak lagi membeli gunakan mobil tanki. Dia menambahkan, tiap desa yang dapat program Pamsimas dengan biaya berbeda-beda, kisaran Rp 300 juta - Rp 400 juta, tergantung hasil survei di lapangan.

Pamsimas, jelasnya, secara teknis menyalurkan air dari mata air ke bak penampungan. Selanjutnya, masyarakat mengambil air di bak penampungan. "Jika masyarakat menginginkan dapat pelayanan  hingga ke rumah-rumah, agar masyarakat berswadaya," jelas Prama Budarta.

Tujuh desa yang menerima program Pamsimas, yakni Desa Bukit di Kecamatan Karangasem, Desa Tista di Kecamatan Abang, Desa Labasari di Kecamatan Abang, Desa Nongan di Kecamatan Rendang, Desa Wisma Kerta di Kecamatan Sidemen, Kelurahan Padangkerta di Kecamatan Karangasem dan Desa Tribuana di Kecamatan Abang. "Untuk Pamsimas ini, hanya di Desa Labasari, rencananya menggunakan sumur bor, selebihnya gunakan mata air," jelas Prama Budarta.

Perbekel Tista I Ketut Selamet Ariyasa mengatakan, bantuan Pamsimas untuk desanya nanti akan manfaatkan air dari mata air Tibu Gadang di Banjar Tista Gede. "Kami manfaatkan mata air yang ada, pelayanannya nanti menggunakan gravitasi," jelasnya.

Untuk diketahui, bantuan Pamsimas dari Kementerian PUPR tahun 2022 hanya berupa 1.500 sambungan rumah di enam desa. Enam desa yang dapat bantuan SR (sambunghan rumah), yakni lima desa bersumber dari dana DAK, Desa Tri Eka Buana di Kecamatan Sidemen 300 SR, Desa Manggis di Kecamatan Manggis 165 SR, Desa Kesimpar di Kecamatan Abang 182 SR, Desa Bebandem di Kecamatan Bebandem 304 SR, dan Desa Peringsari di Kecamatan Selat 78 SR. Satu lagi berbiaya BKK Provinsi Bali di Desa Bunutan di Kecamatan Abang 514 SR.

Tahun 2019, ada 15 desa dapat bantuan Pamsimas. Pemerintah telah menyerahkan pengelolaannya ke KP-SPAM (Kelompok Pengelola Sarana Pengelolaan Air Minum) Desa.7k16

Komentar