nusabali

Cadangan Devisa Turun, Tergerus Bayar Utang Luar Negeri

  • www.nusabali.com-cadangan-devisa-turun-tergerus-bayar-utang-luar-negeri

JAKARTA, NusaBali - Bank Indonesia (BI) menyebut cadangan devisa Indonesia mencapai 137,5 miliar dolar AS pada Juni 2023. Cadangan tersebut turun dibandingkan posisi akhir Mei 2023 yang mencapai 139,3 miliar dolar AS.

BI dalam keterangan yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Erwin Haryono, mengatakan penurunan cadangan devisa itu dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah.

(Tapi) posisi cadangan devisa tersebut (masih aman karena) setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor, katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Jumat (7/7) seperti dilansir CNNIndonesia.com.

BI, katanya, juga menilai cadangan devisa tersebut tetap mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Dia menambahkan, ke depan BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai. Hal itu didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, katanya. 7

Komentar