nusabali

Perpusling Kunjungi 12 Titik Baru Setiap Bulan

  • www.nusabali.com-perpusling-kunjungi-12-titik-baru-setiap-bulan
  • www.nusabali.com-perpusling-kunjungi-12-titik-baru-setiap-bulan
  • www.nusabali.com-perpusling-kunjungi-12-titik-baru-setiap-bulan

SINGARAJA, NusaBali - Mobil Perpustakaan Keliling (Perpusling) milik Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng rutin berkeliling menyambangi siswa di sekolah-sekolah yang ada di Buleleng.

Minimal dalam satu bulannya ada 12 titik tujuan baru yang disambangi.

Kepala DAPD Buleleng Made Era Oktarini, Jumat (7/7), menjelaskan Perpusling salah satu program unggulan, untuk meningkatkan literasi generasi muda. Perpusling yang masih menghadirkan buku fisik masih sangat diminati siswa dan guru saat berkunjung ke sekolah-sekolah di tengah kemudahan akses digital.

"Mobil Perpusling kami berkeliling tiga minggu sekali, itu di luar permintaan khusus dari sekolah. Kalau minggu kami ada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno," terang Era.

Mantan Kabag Kesra Setda Buleleng ini juga menyebut, sebenarnya DAPD Buleleng punya dua armada mobil Perpusling. Hanya saja satu unit armada saat ini sedang rusak dan tidak bisa beroperasi. Dalam pelayanan Perpusling, berbagai macam buku bacaan disiapkan sebagai bahan referensi belajar.

Siswa pun diberikan kesempatan untuk memilih dan membaca buku yang mereka senangi. Sejauh ini untuk jenjang SD menurut Era buku yang banyak diminati adalah buku cerita bergambar.

Foto: Kepala  Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng Made Era Oktarini. -LILIK

Buku-buku yang ada di Perpusling pun bisa dipinjam, dengan catatan sudah memiliki buku anggota DAPD Buleleng. "Kalau guru, kepala sekolah itu sudah otomatis jadi anggota dan bisa meminjam maksimal tiga bulan dengan sistem silang layang, buku milik DAPD bisa dipinjam perpustakaan sekolah," imbuh dia.

Upaya menumbuhkan literasi pada generasi muda di Buleleng melalui perpusling ini pun tidak hanya diberikan kepada satuan pendidikan jenjang TK dan SD. Tetapi juga jenjang SMP dan SMA/SMK yang memerlukan tambahan referensi belajar.

Sementara itu karena luas wilayah dan topografi wilayah Buleleng, DAPD Buleleng tahun ini mengajukan permohonan sepeda motor untuk layanan perpusling. Armada ini disiapkan untuk pelayanan Perpusling di sekolah-sekolah yang belum bisa dijangkau dengan mobil.

"Mudah-mudahan permohonan kami dapat disetujui, sehingga bisa memperluas lagi layanan Perpusling ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan minat baca dan literasi siswa di Buleleng," harap Era.7k23

Komentar