nusabali

Variasi Kerajinan Besi

  • www.nusabali.com-variasi-kerajinan-besi

DENPASAR, NusaBali - Bertujuan agar tetap eksis dan mampu menjawab selera pasar, para perajin Bali tak lelah berinovasi. Bukan saja di kerajinan barang dari bahan kayu dan anyam-anyaman, namun juga kerajinan dari logam, yakni kerajinan berbahan besi.

Hasilnya adalah aneka produksi barang kerajinan yang kreatif inovatif. Seperti yang terpajang dalam Pameran Bali Bangkit di  Gedung Ksirarnawa, Taman  Budaya Denpasar.

Di salah satu stand pameran tersebut ditampilkan beragam produk kerajinan berbahan logam. Mulai dari motif kupu-kupu, kadal, keong, babi dan jenis satwa lain sampai dengan ragam bunga-bungaan. Termasuk yang tak kalah menarik  perhatian adalah kerajinan logam berbentuk motor gede atau moge. “Ini kerajinan dari bahan besi,” ucap I Ketut Ivan Fernanda, dari ‘Warna-Warni Iron Handicraft, salah satu peserta pameran Bali Bangkit, Rabu(28/6). 


Dikatakan Ivan Fernanda, proyek-proyek baru  banyak yang memesan kerajinan besi atau logam tersebut. 

“Kebanyakan untuk dekorasi ruang atau interior,” ungkap Ivan Fernanda.  Namun tidak sedikit untuk ekspor ke negara-negara Eropa.

“Dulu saat pandemi, tetap bisa ekspor,” ujarnya.

Belakangan setelah pandemi Covid-19  berakhir, pemasaran juga membaik. “Astungkara, ada saja yang laku,” ungkapnya. Kerajinan besi ‘Warna-Warni’ beralamat di Banjar Jambe Baleran, Kota Tabanan. K17.

Komentar