nusabali

Apindo Bali Dukung Pengembangan UMKM

  • www.nusabali.com-apindo-bali-dukung-pengembangan-umkm

DENPASAR, NusaBali - Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bali siap menyesuaikan program kerja, mengacu program Dewan Pimpinan Nasional (DPN). Salah satunya bertalian dengan pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sesuai dengan program pusat, Apindo di daerah akan melakukan adaftasi program,” kata Wakil Ketua DPP Apindo Bali Anak Agung Bagus Maha Putra Sanjaya, Jumat (23/6).

Dikatakan, program DPN Apindo antara lain peningkatan dan pemberdayaan UMKM, stunting dan sertifikasi HR dan IR (Human Resource dan Industrial Relation). Sebelumnya program-program tersebut menjadi fokus DPN Apindo, menyusul Munas XI DPN Apindo di Jakarta. Dalam Munas tersebut, Shinta Widjaya Kamdani (Chief Executive Officer Sintesa Group) terpilih secara aklamasti memimpin Apindo periode (2023-2028).

“Nah salah satu program DPN Apindo adalah pemberdayaan UMKM. Karena itu, Apindo Bali juga akan menyesuaikan program dengan Apindo pusat,” kata Maha Putra Sanjaya.

Dikatakan, UMKM merupakan usaha yang relatif paling tahan banting saat  krisis moneter 1998 dan pandemi Covid-19 menerjang. Alasan itu lah Apindo Bali menjadikan UMKM sebagai salah satu fokus. Apalagi UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Bali. “Sejalan juga dengan pengembangan dan pemberdayaan di luar sektor pariwisata,” tegasnya.

Pariwisata memang menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Bali, namun sektor-sektor lain mesti terus mendapat atensi untuk diberdayakan dan dikembangkan. “Itu bisa jadi salah satu tema nanti,” ucap Maha Putra Sanjaya seraya menyebut rencana pertemuan Apindo se-Bali dalam seminar bertajuk ‘Lika-Liku UU Cipta Kerja’; Peluang dan Tantangan bagi Pengusaha Ketenagakerjaan & Selft Leadership-The Foundation of Human Holistic Growth, Rabu (28/6) mendatang. 7 k17

Komentar