nusabali

UMKM Tumbuh, Pasar Chest Freezer Turut Cerah

  • www.nusabali.com-umkm-tumbuh-pasar-chest-freezer-turut-cerah

DENPASAR, Nusabali.com – Penjualan chest freezer yang berfungsi menyimpan dan membekukan makanan mengalami momentum baik saat pandemi Covid-19 lalu. Bukan hanya brand internasional, karena brand lokal juga merasakan antusias dari konsumen.

“Ya saat pandemi lalu, freezer mengalami puncak penjualan, terutama dari para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah),” ungkap Robert Widjaja, CEO ARTUGO, Jumat (23/6/2023).

Namun dijelaskan oleh Robert jika pasar freezer sebenarnya memang sudah baik sebelum pandemi, dan kini pasca pandemi penjualan disebut stabil.
 
Bahkan sebagai brand lokal, ARTUGO menambah fitur untuk bisa bersaing menghadapi para kompetitor. Yang dimaksud Robert adalah fitur Pre-Coated Metal (PCM) sebagai inner cabinet.

Dengan material metal di lapisan dalam tersebut, freezer menjadi tangguh terhadap benturan, anti karat, dan mudah dibersihkan. 

“Kami punya dua macam freezer, non PCM dan PCM, justru orang cari ARTUGO karena ada PCM,” ujar Robert. 

Pelaku UMKM seperti pedagang ayam, daging sapi, seafood hingga frozen food menjadi konsumennya karena dinilai mampu menunjang usaha dan kokoh terhadap benturan atau tahan terhadap gesekan-gesekan bahan yang dimasukkan ke dalam freezer.

Untuk pelaku UMKM yang baru merintis biasanya membeli freezer dengan kapasitas 105 liter. Jika usaha makin bertambah, Robert menyebut pelaku UMKM akan menambah unit freezernya. 

“Kami menyediakan berbagai ukuran, mulai 105 liter  hingga 1.600 liter tersedia, menyesuaikan kebutuhan,” ujarnya. 

Sebagai gambaran, banderol freezer 105 liter berada di kisaran Rp 2 juta, sedangkan yang cukup digemari adalah kapasitas 200 liter dengan harga Rp 3 jutaan.

“Sebagai daerah wisata, Pulau Bali dan sekitarnya memiliki potensi besar, khususnya untuk penjualan chest freezer yang merupakan produk unggulan kami. Ditambah, dengan menjamurnya usaha rumahan berbasis kuliner yang memerlukan produk penunjang dengan spesifikasi tertentu dari segi tampilan dan fitur,” ujar Robert.

Sementara itu Kusuma selaku Branch Manager ARTUGO Cabang Bali mengakui jika freezer yang dimilikinya memiliki kompresor Wide Range Voltage yang mampu tetap bekerja optimal di tengan kondisi tegangan yang naik-turun antara 160- 260 volt. 

“Bukan hanya freezer, tahun ini ARTUGO makin fokus untuk mempertajam penetrasi pasar di lini peranti dapur khususnya kompor,” pungkasnya.

Komentar