nusabali

Bali Ajukan Tuan Rumah Kejurnas Yongmoodo

  • www.nusabali.com-bali-ajukan-tuan-rumah-kejurnas-yongmoodo

Dengan dilaksanakannya Rakernas, Kejurnas hingga Pra PON, maka kesempatan Yongmoodo menjadi cabor resmi PON akan terbuka.

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI) Bali tengah mengajukan diri sebagai tuan rumah kejuaraan nasional (Kejurnas) yang siap digelar kapan saja oleh PB FYI. Yongmoodo Bali hanya sifatnya minta persetujuan dari PB FYI agar merestui Bali sebagai tuan rumah Kejurnas sebagai salah satu syarat agar bisa mengikuti gelaran Pra PON cabang olahraga beladiri Yongmoodo. 

"Ini salah satu syarat bisa tampil di Pra PON, makanya Bali siap memfasilitasi PB FYI agar Kejurnas bisa terlaksana pada tahun 2023 ini," ucap Ketua Harian Pengprov Yongmoodo Bali, Agra Kumara, Jumat (23/6). 

Menurut Agra Kumara, gelaran Kejurnas kalau bisa diusahakan sebelum perhelatan Pra PON. Pra PON diwajibkan tuntas sebelum akhir tahun 2023 ini. “Paling penting itu kita disetujui dulu sebagai tuan rumah, soal waktu pelaksanaan kita siap saja. Apakah nanti bukan Agustus kita juga siap mensukseskan Kejurnas," tegas Agra Kumara.
 
Agra Kumara menyebutkan syarat agar bisa dipertandingkan di PON XXI/2024 adalah cabor harus aktif menggelar kejurnas, rakernas dan Pra PON. Pada saat kejurnas, ia pun mengusulkan bisa dihelat sekalian rakernas. “Pada saat kejurnas semua daerah pasti hadir pengurusnya, momen itu bagus dipakai ajang rakernas. Maunya PB FYI helatan kejurnas sekalian rakernas, karena ini menyangkut biaya. Harapannya  Biar bisa hadir semua daerah, baik pelatih dan pengurusnya," tandas mantan anggota DPRD Bali Dapil Buleleng dari Fraksi Partai Golkar ini. 

Agra Kumara mengakui Bali sendiri sudah pengalaman sebagai tuan rumah event kejurnas. Sehingga pihaknya terbesit pikiran untuk ikut membantu PB FYI untuk memenuhi syarat bisa dipertandingkan cabor Yongmoodo di pesta olahraga multi event empat tahunan antar provinsi. “Jadi, sekarang tinggal Kejurnas yang langsung diselingi rakernas, berikutnya memutuskan waktu gelaran Pra PON,” ujar mantan pengurus IMI Bali ini. 

Kata dia, jika itu dilewati dengan baik pihaknya yakin Yongmoodo akan dipertandingkan resmi di ajang PON, karena semua syaratnya sudah terpenuhi dengan baik. "Harapannya PB FYI komunikasi ke KONI Pusat, nanti pusat menunjuk Bali sebagai tuan rumah kejurnas, sekalian nanti ada penunjukan caretaker di PB FYI agar organisasi cabor yongmoodo kembali bisa berjalan dengan normal," papar Agra Kumara. 7dek

Komentar