nusabali

STY Dapat Kritikan Keras, Lilipaly Tak Dimainkan Lawan Argentina

  • www.nusabali.com-sty-dapat-kritikan-keras-lilipaly-tak-dimainkan-lawan-argentina

JAKARTA, NusaBali - Bos Borneo FC Nabil Husein kecewa dan mengkritik keras pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY). Pasalnya, STY tak menurunkan pemain Borneo FC Stefano Lilipaly saat Timnas menjamu Argentina dalam laga ujicoba FIFA Matchday, di SUGBK, Jakarta, Senin (19/6) lalu.

"Uji coba itu, ya untuk mencoba. Lalu, kenapa pada tidak dicoba, Shin Tae-yong?" ujar Nabil Husien dalam komentar di unggahan akun Instagram, @pengamatsepakbola.

"Tentu semua pemain ingin mempunyai harapan bermain, terutama melawan Argentina. Bahkan hanya satu menit pun tidak kamu berikan. Tolong, para asisten pelatih juga bersuara, bukan pada diam saja manut dengan Shin Tae-yong," kata Nabil Husein.

Ya, dari 26 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong ke skuad Timnas, ada tujuh nama yang hanya duduk bangku cadangan saat melawan Argentina, termasuk Stefano Lilipaly. Selain Lilipaly, enam lainnya adalah Rachmat Irianto, Fachruddin Aryanto, Andy Setyo, Reza Arya Pratama, Yance Sayuri, dan Sandy Walsh (cedera).

Dalam laga FIFA Matchday itu, Timnas Indonesia dikalahkan Argentina 0-2. Bahkan Tim Tango sendiri tidak full team. Lionel Messi absen. Selain itu, pelatih Lionel Scaloni juga banyak merotasi susunan pemainnya. 

Sementara itu, menurut asisten pelatih Nova Arianto, Shin Tae-yong sendiri sudah meminta maaf kepada para pemain yang tak diturunkan saat melawan Argentina. 

"Sebelumnya, kami minta maaf ada pemain yang tidak bisa tampil dalam dua uji coba di FIFA Matchday Juni 2023," tanggap Nova lewat akun Instagramnya, @novarianto30.

“Pasti ada yang kecewa dengan keputusan tersebut, tetapi keputusan memainkan pemain bukan karena suka atau tidak suka," kata Nova.

Menurut Nova, hal itu lebih karena kebutuhan tim dan taktik yang digunakan saat menghadapi Palestina dan Argentina. Dia berharap hal itu dapat dimengerti, dan tim dalam persiapan Piala Asia 2023. Nova mengatakan, tim pelatih terus memantau para pemain terbaik yang pantas dan pastinya bisa bermain dengan filosofi pelatih kepala.

"Semoga pemain tidak lepas mental dan terus bekerja keras di kompetisi yang akan berjalan. Semoga keputusan pelatih kepala kami bisa dihormati dan dipahami dengan baik," kata Nova Arianto.* 

Komentar