nusabali

Ny Rai Sanjaya Roadshow Gelontor Bantuan

Temui Ratusan Masyarakat di Dua Kecamatan

  • www.nusabali.com-ny-rai-sanjaya-roadshow-gelontor-bantuan

TABANAN, NusaBali - Ketua TP (Tim Penggerak) PKK Kabupaten Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya kembali roadshow  aksi sosial 'Menyapa dan Berbagi' dengan menyisir  dua kecamatan. Komitmen memperhatikan krama (masyarakat) Tabanan ini digelar dengan menggelontor bantuan di Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Selemadeg, Selasa (20/6).

Ada 180 orang di Kecamatan Selemadeg Barat mendapat bantuan. Rinciannya 110 orang kader PKK tersebar di 11 desa, 25 balita, 25 lansia dan 20 orang ibu hamil. Kemudian di Kecamatan Selemadeg juga memberikan bantuan kepada 180 orang. Rincianya 110 kader PKK tersebar di 10 desa, lansia sejumlah 25 orang, balita 25 orang dan ibu hamil 20 orang. Bantuan yang diberikan berupa beras, telur, sembako hingga vitamin. 

Ny Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan, aksi sosial ini sudah dilakukan sejak  Pandemi Covid-19. Tujuannya untuk membantu meringankan beban masyarakat. Setelah pandemi, program akan dirancang berkesinambungan karena fokus PKK Tabanan konsisten ikut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi. "Saya datang ke Selemadeg sudah kesekian kalinya dan ini sudah tidak asing lagi.  Untuk itu, kedepannya saya akan terus lanjutkan agar saya selaku Ketua TP PKK Kabupaten bisa membantu masyarakat lebih banyak," ujar Bunda PAUD Tabanan ini. 

Dalam kesempatan menyapa warga, Ny Rai Sanjaya juga mensosialisasikan program pokok PKK. Diantaranya program ‘Aku Hatinya PKK’ yang diharapkan terus berlanjut, terutama setelah turunnya bantuan dari PKK Provinsi Bali. “Program Hatinya PKK ini saya harapkan agar tetap dilaksanakan. Karena sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga,” ujar Rai Sanjaya. 

Sejumlah bantuan dari Provinsi Bali sudah digelontor berupa bibit tanaman dan bibit ternak ayam. “Saya harap bisa dirawat agar manfaatnya bisa dirasakan lebih lama," pesan istri Ketua DPC PDI Perjuangan sekaligus Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya ini. 

Rai Sanjaya juga memberikan sosialiasi terkait penanganan sampah berbasis sumber. Dia menganjurkan Kecamatan Selemadeg dan Selemadeg Barat bisa memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi sampah daur ulang dan lakukan pelatihan secara berkala, seperti pembuatan eco-enzyme, bahan daur ulang, kompos hingga lubang biopori rumahan yang sederhana. Intinya, masyarakat agar mampu memanfaatkan sampah menjadi berkah. 

“Saya juga ingin sosialisasikan masalah stunting, ini yang menjadi pokok utama kita, karena di Kabupaten Tabanan memang sudah menurun dari tahun sebelumnya, tapi tujuannya terus ditekan agar menjadi 0 atau tidak ada. Semoga alit-alit (anak-anak) kita sehat, gembira dan saya juga tekankan kader Posyandu untuk terus fokus bersosialisasi bagaimana caranya mencegah stunting ke masyarakat," terangnya. 

Rai Sanjaya juga berharap masyarakat waspada terhadap masalah kesehatan yang sedang merebak, seperti menyebarnya virus rabies dan penyakit meningitis. “Saya merasa prihatin, karena sekarang sedang merebak virus rabies, kalau bagi saya kebanyakan masalah rabies terjadi karena ketidak tahuan masyarakat. Maka dari itu saya sampaikan, kalau ada keluarga yang digigit anjing, cepat-cepat ke rumah sakit atau puskesmas, walaupun lukanya kecil, segera minta vaksin agat selamat dari bahaya," tegasnya. 

Terkait virus meningitis, kata Rai Sanjaya, penyebaran yang terjadi biasanya dari daging babi yang dimasak tidak matang. Oleh sebab itu dia berpesan agar kehati-hatian dan kewaspadaan harus semakin ditingkatkan di masyarakat.

Kehadiran Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan kemarin, disambut dengan hangat di kedua kecamatan ini. "Terima kasih kepada Ibu (Rai Sanjaya,red), karena telah meluangkan waktu, sekaligus memberikan bantuan kepada kader kami, ibu hamil, lansia dan anak-anak kami,” ujar Ketua TP PKK Kecamatan Selemadeg Barat, Ny Candra Suryani. 

Dia mengakui, kehadiran Rai Sanjaya sudah yang kesekian kalinya, dengan selalu memberikan bantuan dan memperhatikan masyarakat. “Kami harap kegiatan ini bisa terus berlanjut agar bisa membantu kader-kader kami yang lainnya," pungkas Ny Candra Suryani. @des

Komentar