nusabali

2 Sulinggih Muput Nyineb di Merajan Selonding Besakih

  • www.nusabali.com-2-sulinggih-muput-nyineb-di-merajan-selonding-besakih

AMLAPURA, NusaBali - Dua sulinggih muput (memimpin) upacara Ngewaliang (mengembalikan) lan Nyineb (menyiman) pratima Ida Bhatara di Pura Merajan Selonding Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Redite Kliwon Tolu, Minggu (18/6).

Dua sulinggih tersebut, Ida Pedanda Gede Peling Pinatih dari Geria Carik, Banjar Punia, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen. Satunya lagi, Ida Pedanda Gede Nyoman Putra Tulikub, dari Geria Koulu Byawu, Banjar Meranggi, Desa Muncan, Kecamatan Selat.

Prosesi Nyineb hanya untuk empat pratima Ida Bhatara dari Pura Soring Ambal-ambal Besakih. Yakni dari Pura Ulun Kulkul, Pura Bangun Sakti, Pura Pesimpangan dan Pura Manik Mas. Pralingga lan pratima Ida Bhatara kapendak dari Pura Ulun Kulkul, Pura Bangun Sakti, Pura Pesimpangan dan Pura Manik Mas. Kemudian Ida Bhatara katuran banten Pamendak setiba di Pura Merajan Selonding, dipuput I Gusti Mangku Adnyana.

Pelaksana upacara Nyineb ini Pamaksan Pura Ulun Kulkul Besakih. Menurut Prawarta Karya I Gusti Bagus Karyawan, hanya empat pratima Ida Bhatara dari tujuh  pratima Ida Bhatara yang belum masineb di Pura Merajan Selonding. Sedangkan, tiga pratima lainnya telah masineb saat akhir rangkaian Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, di Pura Merajan Selonding, Buda Paing Wayang, Rabu (26/4).

Sedangkan tiga pratima yang telah masineb di Pura Merajan Selonding, yakni pratima Ida Bhatara Dalem Puri, Ida Bhatara Goa Raja, dan Ida Bhatara Merajan Selonding, Rabu (26/4). Hal ini sesuai Raja Purana Besakih, nyineb Ida Bhatara Pura Soring Ambal-ambal Besakih, terpusat di Pura Merajan Selonding.

“Jadi acara ini Ngewaliang Ida Bhatara lan Nyineb di Pura Merajan Selonding Besakih. Artinya, Ida Bhatara yang belum masineb di Pura Merajan Selonding, kami kembalikan untuk nyineb terpusat di Pura Merajan Selonding,” jelas I Gusti Bagus Karyawan.

Sebelumnya, Rabu (26/4), pratima Ida Bhatara Pura Ulun Kulkul dan Ida Bhatara Pura Bangun Sakti, masineb di Pura Ulun Kulkul, dan Ida Bhatara Pesimpangan lan Ida Bhatara Pura Manik Mas masineb di Pura Manik Mas.

“Kami melaksanakan upacara Ngewaliang lan Nyineb Ida Bhatara di Pura Merajan Selonding, atas hasil tiga kali paruman Desa Adat Besakih, masing-masing 14 Mei, 20 Mei dan 6 Juni,” lanjut I Gusti Bagus Karyawan.

I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, pamangku di Pura Merajan Selonding Besakih, mengapresiasi jalannya upacara Nyineb tersebut. Hal itu, sesuai hasil paruman Desa Adat Besakih, acuannya adalah Raja Purana Besakih. “Upacara Nyineb ini sesuai sastra suci Hindu, Raja Purana Besakih, Ida Bhatara masineb terpusat di Pura Merajan Selonding,” jelas I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, yang juga pamangku di Pura Dalem Puri Besakih. Prosesi nyineb kemarin berlangsung khusyuk.7k16

Komentar