nusabali

Koster Ajak Sandiaga Berpose Salam Metal, Salam Khas PDIP Sebelum Pembukaan PKB ke-45

  • www.nusabali.com-koster-ajak-sandiaga-berpose-salam-metal-salam-khas-pdip-sebelum-pembukaan-pkb-ke-45

Menurut Sandiaga Uno, pose salam metal justru melambangkan tagline dari Kementerian yang diembannya, yaitu Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

DENPASAR, NusaBali 
Gubernur Bali Wayan Koster mengajak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno untuk berfoto bersama para tamu VIP yang sebagian besar adalah kader PDI Perjuangan menjelang pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV (45) tahun 2023 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (18/6). 

Setelah berfoto bersama dengan pose jempol, Koster lantas mengajak Sandiaga untuk berfoto dengan pose metal yang merupakan salam khas PDI Perjuangan.

Sandiaga pun menyanggupi ajakan Koster dan berfoto bersama dengan pose metal sambil tersenyum-senyum. Para awak media dan fotografer yang hendak meliput acara pun berebut mengabadikan momen tersebut. "Yang minta yang punya tempat nih. Pak Gubernur," kata Sandi sambil tertawa. 

Tak hanya Sandiaga dalam foto bersama itu juga terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Bupati Karangasem I Gede Dana dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Mereka pun tampak sumringah saat berpose salam metal itu. 

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 tahun 2023 tersebut selanjutnya dibuka oleh Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Hadir pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi. Mantan Walikota Semarang Hendrar juga merupakan kader PDI Perjuangan. 

Sementara Sandiaga Uno adalah kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menjabat Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) pada Pemilu 2024. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PPP Muhamad Arwani Thomafi dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (17/6).

"Rapimnas VI Partai Persatuan Pembangunan menugaskan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasional dengan tugas pokok pemenangan dalam pemilu anggota legislatif, pemilu presiden/wakil presiden, dan Pilkada Serentak 2024," ujar Arwani. Sandiaga baru saja resmi bergabung dengan PPP, sebelumnya dia diketahui merupakan kader Partai Gerindra.

Ditemui usai acara pembukaan PKB ke-45, Sandiaga Uno mengatakan memiliki alasan sendiri menerima ajakan Gubernur Bali Wayan Koster berpose salam metal di acara Pesta Kesenian Bali ke-45, Minggu kemarin. Menurut Sandiaga, pose salam metal justru melambangkan tagline dari Kementerian yang diembannya, yaitu Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

"Kalau saya lihat ini mah, ini Wonderful Indonesia," kata Sandiaga Uno. Dia juga berpandangan salam metal jika dilihat lebih jelas menyerupai huruf W. Dengan begitu, huruf W dipakainya melambangkan Wonderful Indonesia. "(Salam metal), (huruf) W kan ya?" kata Sandi seraya memeragakan pose salam metal lagi dilansir kompas.com.

Sementara saat mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri membuka gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45, Sandiaga Uno mengatakan pelaksanaan PKB sejalan dengan prinsip Tri Sakti Bung Karno, berkepribadian dalam kebudayaan. 

"Tadi kami gembira sekali kedatangan Presiden ke-5 RI Ibu Megawati Soekarnoputri yang memberikan pesan sangat jelas bahwa sesuai dengan pesan Tri Sakti Bung Karno adalah berkepribadian dalam kebudayaan. Inilah pesan-pesan yang PKB ingin tampilkan," ujar Sandiaga ditemui usai acara pembukaan PKB. 

Sandi menegaskan Kemenparekraf mendukung penuh pelaksanaan PKB dari tahun ke tahun. Khusus tahun depan, karena tahun terakhir pemerintahaan saat ini, Kemenparekraf akan merancang khusus dukungannya terhadap pelaksanaan PKB sehingga bisa lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Bali. 

"Tahun ini sudah sangat baik tahun depan kita tingkatkan lagi," ujar Sandi yang kini politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Menurut Sandi, pelaksanaan PKB tahun ini jug sangat spesial karena untuk pertama kali dilaksanakan setelah pandemi tanpa ada kekhawatiran tentang Covid-19. Ia berharap PKB berjalan semakin meriah sehingga dapat ikut menopang peningkatan ekonomi Bali. 

Ia mengungkapkan, saat ini ekonomi Bali telah tumbuh di atas rata-rata nasional yakni 6,4 persen dan jumlah tenaga kerja yang terserap sudah kembali seperti sebelum pandemi. Selama dua hari melakukan kunjungan kerja di Bali Sandi melihat Bali benar-benar telah pulih. Ia mengharapkan Bali terus maju menata diri  menuju pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. 

"Ini yang patut kita syukuri dan penjualan produk-produk ekonomi kreatif juga meningkat," imbuh Sandi. Ia mengungkapkan, Bali telah terpilih menjadi pulau favorit untuk destinasi pariwisata yang juga sejalan dengan terpilihnya Indonesia  sebagai salah satu executive council Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) masa jabatan 2023-2027. 

Sandi menyebut, dengan posisi baru ini Indonesia ditugaskan memimpin tim desain ulang pariwisata dunia. "Ini harus kita pastikan karena Bali yang jadi acuan ini bisa kita jaga sesuai dengan harapan pariwisata yang berbasis budaya berkualitas dan bermartabat," tandasnya. 7 cr78, ant 

Komentar