nusabali

Inilah Daftar Lengkap Pemenang Jegeg Bagus Kabupaten Badung 2023

  • www.nusabali.com-inilah-daftar-lengkap-pemenang-jegeg-bagus-kabupaten-badung-2023
  • www.nusabali.com-inilah-daftar-lengkap-pemenang-jegeg-bagus-kabupaten-badung-2023

MANGUPURA, NusaBali.com - Sebanyak 10 pasang Jegeg Bagus Badung 2023 diseleksi secara ketat pada Grand Final Jegeg Bagus Badung 2023, Sabtu (10/6/2023) sore.

Pada gelaran yang dilangsungkan di di 100 Sunset Hotel Kuta, tersebut, akhirnya yang didapuk sebagai Jegeg Badung 2023 adalah Ni Luh Helen Susani dari IPB Internasional dan Bagus Badung 2023 adalah I Komang Yudi Sindu Darmawan dari Universitas Dhayana Pura.

Sedangkan posisi Runner Up I diraih oleh Jegeg Ni Putu Ayu Nadia Putri dari Universitas Pendidikan Nasional dan Bagus I Putu Adhi Pranata dari Universitas Udayana.

Runner Up II diraih oleh Jegeg Kadek Ade Amaylya Pramaswari Sripriana dari Universitas Udayana dan Bagus  I Nyoman Junior Shimano dari SMAN 1 Kuta.

Selanjutnya Runner Up III diraih oleh Jegeg Komang Dina Okta Trijayanti dari Poltekkes Kemenkes Denpasar dan Bagus gusti Gede Widiwibawa Adadana dari Universitas Warmadewa.

Sedangkan Runner Up IV diraih oleh Jegeg Ni Nyoman Ayu Prastiwi Tenaya dari Universitas Udayana dan Bagus Putra Wiguna Arya dari Universitas Udayana.

Sementara pemenang penghargaan atribut yaitu sebagai Jegeg Bagus Persahabatan diraih oleh Ni Putu Praditha Jeconia Putri dari Universitas Udayana dan I Gusti Ngurah Bagus Perdana Raja dari Politeknik Pariwisata Bali.

Jegeg Bagus Intelegensia diraih oleh I Gusti Agung Ayu Ratih Adriana Wetan dari Politeknik Pariwisata Bali dan I Komang Dalem Sujendra dari SMAN 1 Kuta Utara, Jegeg Bagus Berbudaya diraih oleh Kadek Sri Wahyuni dari Universitas Udayana dan Gede Eka Darma Putra dari Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Sementara itu Jegeg Bagus Fotogenik diraih oleh I Gusti Agung Istri Ranya Astri Pratiwi dari Universitas Pendidikan Nasional dan I Dewa Putu Narendra Dinatha dari SMAN 1 Kuta Utara.

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta dalam sambutan  yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Nyoman Rudiarta mengapresiasi gelaran Jegeg Bagus Badung 2023.

Ia mengaku, gelaran ini merupakan wujud nyata untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Badung dan mewujudkan visi misi dari Kabupaten Badung.

“Pemilihan ini adalah ajang cukup bergengsi yang memberikan kesempatan putra dan putri Kabupaten Badung untuk menjadi duta pariwsata dan mengenalkan budaya Bali ke wisatawan lokal hingga ke wisatawan mancanegara,” ungkap Giri Prasta.

Ia juga tak lupa mengucapkan selamat kepada para finalis Jegeg Bagus Badung 2023 yang telah berjuang mengikuti seluruh rangkaian tahapan pemilihin. Ia berpesan, seluruh finalis dapat menjadi contoh nyata dari keindahan, kecerdasaan, dan kewibawaan Putra Putri Kabupaten Badung.

“Kerja keras kalian kami yakin akan menjadi duta pariwisata yang luar biasa untuk membawa nama Kabupaten Badung. Saya berharap acara ini menjadi momentum yang menginspirasi kita semua untuk memajukan Kabupaten Badung,” harapnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus Badung, I Kadek Nicko Iswara Sudanta menjelaskan sebelum pelaksanaan Grand Final, para finalis sebelumnya mengikuti berbagai rangkaian seleksi, seperti 12 kali pra karantina yang didominasi dengan latihan persiapan grand final, catwalk, pree test, fashion show, dan malam bakat. Lalu pada saat pra karantina, pihaknya menjalankan visitasi yaitu ke desa Sulangai.

“Kami datang ke desa tersebut bertujuan untuk berbaur dengan masyarakat untuk mempromosikan dan mencari tahu potensi dari desa tersebut. Sebelum grand final juga kami melakukan kegiatan matur piuning,” terang Nicko saat ditemui di sela-sela kegiatan pada Sabtu (10/6/2023) sore.

Dilihat dari pantauan NusaBali.com, sebelum dinobatkan menjadi Jegeg Bagus Badung 2023, para finalis melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama masing-masing finalis melalui tahapan speech dimana dalam waktu 2 menit, satu pasang finalis menjelaskan potensi dari desa wisata yang dipilih. Kemudian, 5 besar pasang Jegeg Bagus Badung menjawab pertanyaan dewa juri dalam waktu 45 detik.

Lalu 5 pasang finalis dikurasi kembali menjadi 3 pasang finalis untuk menjawab pertanyaan dewa juri sebelum akhirnya dinobatkan menjadi Jegeg Bagus Badung 2023.

“Aspek penilaian kami berpatokan dengan Brain, Beauty, dan Behavior.  Bukan hanya sekadar cantik atau ganteng atau tinggi saja, tetapi kami mencari point ini dimna masing-masing terisi. Inilah indikator penilaian kami untuk menentukan siapa yang akan menjadi Jegeg Bagus Badung 2023,” jelas Nicko.

Selain itu, tahun ini terang Nicko pihaknya tidak mematok minimal tinggi dan berat badan peserta. Namun, kali ini pihaknya memberlakukan tinggi dan berat badan proposional yang tidak berfokus mencari finalis dari segi penampilan saja, tetapi bagaimana finalis memiliki nilai jual dari penilaian lainnya. Kualitas peserta di tahun ini pun, lanjut Nicko bervariasi dan didominasi oleh peserta dari kalangan mahasiswa.

Nicko juga menjelaskan, output yang akan dihasilkan dari gelaran Jegeg Bagus Badung, tidak melulu berfokus dengan pariwisatanya saja. Namun pihaknya juga akan melakukan pengembangan SDM khususnya generasi muda berkualitas yang memiliki nilai jual dalam sektor apapun.

“Bisa kami katakan UMKM saat ini memerlukan peran generasi muda yang memiliki nilai jual. Di sanalah fokus kami, selain pariwisata juga bisa mengembangkan UMKM dengan keberadaan kami untuk meningkatkan kelas dari UMKM tersebut,” tuturnya.

Sementara Jegeg Bagus Badung yang terpilih akan menjadi perwakilan dalam ajang Jegeg Bagus Bali tahun ini. Sebelum menuju gelaran tersebut, ia menerangkan pihaknya akan melakukan berbagai persiapan untuk mengirimkan para delegasinya. Persiapan itu kata Nicko seperti olahraga rutin, perawatan dengan official partner di beauty clinic dan juga latihan lainnya. Sebab, ia menargetkan Jegeg Bagus Badung bisa meraih juara Jegeg Bagus Bali di tahun ini.

“Setelah ini kita dari kepengurusan semeton Jegeg Bagus Badung mau perancangan dulu bagaimana program yang akan dilaksanakan oleh delegasi nanti. Soal target pasti kami ingin target tertinggi yaitu juara. Karena dari Kadis Pariwisata menargetkan kami juara, sebab astungkara tahun ini kami disupport oleh Dinas, Pemkab Badung, dan juga di tahun lalu kami menorehkan berhasil meraih Bagus Badung dan Runner Up I Jegeg Badung 2022. Astungkara kami mungkin bisa mengulang itu di tahun ini,” jelas Nicko.

Nicko pun berharap para juara nantinya dapat membawa nama baik Kabupaten Badung di tingkat Provinsi. Serta bisa menjadi contoh dan role model bagi para generasi muda, khususnya generasi muda yang peduli dengan pariwisata, serta bisa menginspirasi banyak orang. *ris

Komentar