nusabali

7 Siswa SMPN 2 Amlapura Bersiap ke OSN Provinsi

  • www.nusabali.com-7-siswa-smpn-2-amlapura-bersiap-ke-osn-provinsi

AMLAPURA, NusaBali - Tujuh siswa SMPN 2 Amlapura, Karangasem, bersiap untuk maju ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali 2023. Walaupun jadwal OSN belum turun, pembinaan kepada anak ini telah optimal berjalan.

"Kami terus melakukan pembinaan, menyongsong OSN Tingkat Provinsi Bali," jelas Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan di ruang kerjanya, Jalan Sudirman Amlapura, Jumat (9/6).

Pembinaan terbut, katanya, dengan memperbanyak latihan soal-soal olimpiade. Di samping itu, mengevaluasi kekurangan saat OSN Tingkat Kabupaten Karangasem, sebelumnya. Guru pembina mendapatkan soal-soal olimpiade dari internet. Dengan itu, siswa makin terbiasa menjawab soal yang tingkat kesulitannya di atas rata-rata.

Tujuh siswa SMPN 2 Amlapura yang lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali, untuk mata pelajaran IPA mendominasi juara I, II dan III. Mereka adalah Yashodara Aristari Vedayanti kelas VIII/1, I Gusti Agung Ayu Putri Sagita Riadnyani kelas VIII/8 dan Ni Wayan Ariantari kelas VIII/4, serta peringkat kelima AA Vasu Laksmi Gunadewi kelas VIII/1.

Juga meloloskan di mata pelajaran IPS atas nama I Komang Pendy Prayoga peringkat II dan I Gusti Ngurah Wahyu Pratama Wijaya kelas VIII/5 peringkat IV, serta satu siswa juga lolos di mata pelajaran Matematika atas nama Ni Kadek Naomi Zeeloita Artono kelas VIII/11 peringkat II.

Sehingga dari 15 siswa yang lolos OSN Tingkat Provinsi Bali dari Karangasem dari SMPN 2 Amlapura meloloskan siswa terbanyak.

"Saat OSN, banyak ragu-ragu jawab soal, mudah-mudahan di OSN Provinsi Bali, tidak begitu lagi," jelas juara I OSN IPA Yashodara Aristari Vedayanti, yang alumnus SDN 7 Subagan, Kecamatan Karangasem.

Rekannya di mata pelajaran IPA I Gusti Agung Ayu Putri Sagita Riadnyani, juga bertekad optimal di OSN Provinsi Bali, mendatang. "Walau persaingannya lebih berat lagi, bagi saya tidak masalah," jelas alumnus SD Insan Mandiri Amlapura, asal Lingkungan Peladung, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem.

Sedangkan SMPN 2 Selat meloloskan 4 siswa ke OSN Tingkat Provinsi Bali. Bahkan dua siswanya meraih gelar juara OSN Tingkat Kabupaten, masing-masing, I Gusti Agung Arya Aditya Prawira Putra mata pelajaran IPS dan I Gusti Agung Bayu Narendra Putra mata pelajaran Matematika. Dua siswa lainnya yang lolos, Ni Komang Ari Satvika Devi peringkat IV IPA, dan Ni Ketut Ari Satwika Dewi mata pelajaran IPS. Selebihnya, SMPN 1 Sidemen meloloskan 2 siswa, SMPN 1 Amlapura dan SMPN 4 Abang sebanyak 1 siswa.

Kabid SD dan SMP Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana juga berharap agar pihak sekolah tetap kontinyu melakukan pembinaan. "Walau jadwal OSN Tingkat Provinsi Bali belum ditetapkan," katanya.7k16

Komentar