nusabali

Cegah Kebocoran Data, Diskominfo Sosialisasi JKS

  • www.nusabali.com-cegah-kebocoran-data-diskominfo-sosialisasi-jks

GIANYAR, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar sosialisasi Jaring Komunikasi Sandi (JKS) antar perangkat daerah kabupaten / kota di Kori Maharani Villas, Jumat (26/5).

Sosialisasi ini untuk mencegah kebocoran data. Acara dibuka oleh Kadis Kominfo Gianyar, Anak Agung Gde Raka Suryadiputra.

Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Gianyar, Desak Ketut Ariasih mengatakan, JKS memiliki beberapa tujuan. Di antaranya, memberikan pemahaman peran penting persandian dalam pengamanan informasi daerah. Menambah wawasan dalam pengamanan data, mencegah kebocoran data, mendukung percepatan SPBE, dan optimalisasi pemanfaatan JKS antar perangkat daerah di lingkungan Pemkab Gianyar. Menghadirkan Arisriyanto MT dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai narasumber.


Sosialisasi diikuti oleh 50 orang peserta dari perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Gianyar dan perwakilan kecamatan se-Kabupaten Gianyar. Agung Suryadiputra mengatakan, data merupakan dasar dari setiap kebijakan atau keputusan yang akan diambil oleh pimpinan. “Dengan kemajuan teknologi, data-data kita banyak tersimpan dalam bentuk softcopy, kami di Diskominfo sebagai wali data sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Agung Suryadiputra.

Agung Suryadiputra menegaskan, pengamanan data adalah tanggung jawab bersama. “Kami mengundang seluruh OPD untuk bersama-sama mensinkronkan dalam pengamanan data, selain amankan di Diskominfo,” kata Agung Suryadiputra. Data-data tersebut ada yang bersifat rahasia, tidak boleh disebarluaskan. 

“Intinya bagaimana mengamankan data tersebut agar data-data yang bersifat rahasia tidak bocor,” tegasnya. Agung Suryadiputra berharap kepada para perwakilan OPD yang mengikuti sosialisasi dapat menyimak dan memahami materi sehingga kebocoran data dapat dicegah. 7 nvi

Komentar