nusabali

KK Stunting dan Kemiskinan Ekstrem Digelontor Hibah Ayam Buras

  • www.nusabali.com-kk-stunting-dan-kemiskinan-ekstrem-digelontor-hibah-ayam-buras

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 360 ekor ayam buras telah didistribusikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng di Desa Pangkungparuk, Kecamatan Seririt, Buleleng.

Bantuan ayam buras ini diberikan kepada masyarakat untuk penanganan kemiskinan ekstrem dan pengentasan stunting.

Kepala DKPP Buleleng I Gede Putra Aryana, Selasa (23/5) kemarin mengatakan, hibah bantuan ayam buras ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyiapkan pangan bergizi bagi masyarakat. Selain itu juga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan penerima bantuan.

Total ada 39 KK yang disasar untuk menerima bantuan ayam buras. Sebanyak 17 KK dari keluarga yang masuk kemiskinan ekstrem dan 22 KK keluarga masuk dalam program pengentasan stunting. “Hibah ayam buras ini difokuskan di satu desa yang memiliki data kemiskinan ekstrem dan stunting. Bantuan sudah kita distribusikan pekan lalu,” ucap Putra Aryana.

Pemerintah dengan bantuan ayam buras ini disebut Putra Aryana diharapkan dapat membantu memenuhi gizi keluarga dan juga menjadi tambahan penghasilan jangka panjang. Ayam buras yang diterima disarankan untuk dipelihara dan dikembangbiakkan. Sedangkan untuk pemenuhan gizi bisa dikonsumsi telurnya.

“Harapan kami ayam-ayam ini bisa diternakkan dulu setelah berkembangbiak dan jadi banyak, bisa membentuk kelompok peternak ayam. Kalau sudah beranak silahkan mau dijual untuk menambah perekonomian keluarga penerima manfaat,” terang mantan Camat Busungbiu ini.

Sementara itu untuk memastikan bantuan dimanfaatkan dengan tepat, DKPP Buleleng tetap melakukan pendampingan dan pembinaan.7 k23

Komentar