nusabali

Berusaha Realistis, Partai Ummat Bali Fokus di 3 Dapil

  • www.nusabali.com-berusaha-realistis-partai-ummat-bali-fokus-di-3-dapil

DENPASAR, NusaBali.com - Partai politik (parpol) besutan Amien Rais, Partai Ummat mendaftarkan bakal calon legislatif DPRD Bali mereka ke KPU Provinsi Bali pada Sabtu (13/5/2023) siang.

Dipimpin Ketua DPW Partai Ummat Bali Waras Priyangga, parpol berlogo bintang emas ini mengajukan 24 bacaleg.

Sejumlah bakal calon anggota DPRD Bali dari Partai Ummat ini tersebar di tiga daerah pemilihan (dapil) saja.

"Kami partai baru tapi bukan berarti kami tidak memiliki kader. Alhamdulilah, kami bisa mengisi di tiga (dari 9) dapil di Bali," ujar Waras usai berkas pendaftaran bacaleg Partai Ummat Bali diterima oleh KPU Provinsi Bali.

Ketiga dapil yang disasar Waras dan jajaran adalah dapil Denpasar, Jembrana, dan Buleleng. 

Tiga wilayah ini disebut memegang simpul suara untuk parpol yang berdasarkan data KPU memiliki 10.071 anggota di Bali sehingga diharapkan berkontribusi terhadap perolehan suara.

Oleh karena itu, Partai Ummat Bali mengisi penuh kuota kursi yang disediakan di ketiga dapil ini. Harapannya dapat memperlebar peluang lolos ke DPRD Bali. Namun demikian, Waras dan jajaran memasang target pemenangan sebesar 25 persen di masing-masing dapil.

Berarti, Partai Ummat Bali berharap ada dua wakil dari Denpasar, satu dari Jembrana, dan tiga dari Buleleng. Kata Waras, perolehan 25 persen suara di masing-masing dapil sudah merupakan capaian yang luar biasa untuk parpol pendatang baru.

"Kami harus mengukur kemampuan karena persaingan di Bali ketat. Bisa dilihat dari 9 komposisi DPR RI dapil Bali, hanya tiga sisanya (dari parpol selain PDIP). Kami harus tahu dirilah sehingga tidak full di 9 dapil," ungkap Waras yang juga bacaleg DPR RI dapil Bali dari Partai Ummat.

Sementara itu, di tengah kesulitan mencari kader dalam waktu singkat, Partai Ummat Bali sementara mampu mengirim dua bacaleg untuk DPR RI. Waras menyebut dua bacaleg ini merupakan 'asli dari Bali' yakni dirinya sendiri dan satu lagi dari Jembrana.

"Saat ini DPP sedang mempersiapkan bacaleg DPR RI. Dari Bali yang sudah fixed dan asli dari Bali itu ada dua. Saya sendiri sama Ibu Kokom (Komariah) dari Jembrana," tandas Ketua DPW parpol yang tercatat bermarkas di Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Barat. *rat

Komentar