nusabali

Perjuangkan Seni Lewat Politik

IGN 'Rahman' Murthana ST, Ketua Pramusti Bali

  • www.nusabali.com-perjuangkan-seni-lewat-politik

DENPASAR, NusaBali - Diantara puluhan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) PDI Perjuangan yang ikut mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar, Kamis (11/5) pagi, tampak sosok pria yang sudah tak asing lagi di kalangan seni, khususnya, seni musik. Dia adalah I Gusti Ngurah Murthana ST, 55, yang akrab disapa Rahman.

Ya, Rahman adalah Ketua Pramusti Bali yang mewadahi para musisi dan insan seni Bali. Dia diketahui sudah puluhan tahun ngayah untuk kemajuan organisasi seni tersebut.

Rahman mengakui kehadirannya di KPU Denpasar adalah untuk mendaftar sebagai caleg dapil Denpasar Utara dalam Pileg 2024. "Nggih benar tiang ikut mendaftar (sebagai caleg) dapil Denut" ujarnya ditemui di tengah kerumunan bacaleg dan kader PDIP, kemarin.

Ditegaskan Rahman, meski kini memilih berkecimpung di dunia politik, namun bukan berarti dirinya melupakan seni budaya. Bahkan, kata dia, melalui politiklah dirinya ingin memperkuat dan memperjuangkan seni budaya agar tetap lestari. "Astungkara jika tiang terpilih menjadi anggota dewan, tiang akan memperjuangkan, memajukan, dan melindungi seni budaya Bali," tegas pria yang juga Kelian Adat Banjar Mertha Rauh Kaja, Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara ini.

Sebagai pendatang baru alias new comer dalam Pileg 2024, jebolan Fakultas Teknik Unud tahun 1996 ini mengaku sudah menyiapkan strategi untuk bisa lolos sebagai anggota DPRD Kota Denpasar.

Foto: Rahman bersama sang istri, Putu Prida Dewi. -IST

"Tiang sudah menyiapkan strategi dan tim bersama anak-anak muda dan insan seni. Mereka yang sangat mensupport tiang untuk maju (sebagai caleg). Ini yang membuat tiang tambah semangat berjuang agar bisa lolos (sebagai anggota dewan)," tegasnya.

Rahman juga dikenal sangat aktif pada berbagai kegiatan di Desa Dangin Puri Kangin, tempat tinggalnya, sehingga warga masyarakat setempat sangat berharap ia bisa lolos nantinya. "Astungkara berkat dukungan dari masyarakat tiang bisa menjalankan amanah ini," ucap produser rumah produksi Jayagiri Pro yang juga mantan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali, ini.

Untuk diketahui, dalam Pileg 2019, PDI Perjuangan dapil Denpasar Utara berhasil memperoleh 6 kursi. Mereka yakni

I Ketut Suteja Kumara dengan 6.214 suara, I Wayan Sutama 5.251 suara, IB Jagra Wibawa 5.104 suara, Eko Supriadi 4.834 suara, I Nyoman Gede Sumara Putra 4.145 suara, dan I Nyoman Sumardika 3.735 suara. 7 isu


Komentar