nusabali

Binder Menangi Sprint Race

Aleix Espargaro Rebut Pole MotoGP Spanyol

  • www.nusabali.com-binder-menangi-sprint-race

JEREZ, NusaBali - Rider Red Bull KTM Brad Binder berhasil memenangi sprint race MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (29/4) malam Wita. Binder mencatat waktu 18 menit 7,055 detik untuk jadi pembalap pertama yang melintasi garis finis. Binder unggul 0,428 detik dari rider Ducati Francesco Bagnaia yang ada di posisi kedua.

Peringkat ketiga ditempati oleh rekan setim Binder, Jack Miller disusul Jorge Martin dan Miguel Oliveira di posisi keempat dan kelima.
Dari jalannya balapan, Red flag sempat berkibar di awal balapan. Kecelakaan melibatkan Alex Marquez, Augusto Fernandez, Marco Bezzecchi, dan Franco Morbidelli di lap pertama membuat balapan dihentikan sementara.

Sekitar 10 menit kemudian, sprint race kembali dimulai dengan 11 lap tersisa. Ketika balapan kembali dimulai, Brad Binder langsung menyodok ke posisi pertama, disusul Jack Miller di posisi kedua.

Miller yang mencatat waktu tercepat berhasil menyusul Binder pada lap keempat. Sedangkan posisi ketiga dan keempat diisi Pecco Bagnaia dan Jorge Martin.

Alex Marquez yang terlibat kecelakaan sehingga membuat balapan dihentikan di awal, kembali tergelincir. Selain Alex Marquez, Takaaki Nakagami juga mengalami kecelakaan. Aleix Espargaro lalu jadi pembalap berikutnya yang mengalami kecelakaan. Dia tergelincir keluar arena saat balapan sprint race menyisakan lima lap.

Ketika balapan menyisakan empat lap terakhir, rombongan terdepan yang terdiri dari Miller, Binder, Bagnaia, dan Martin sudah berjarak 0,4 detik dari pembalap lainnya. Pada tiga lap terakhir, dua pembalap KTM Miller dan Binder juga mampu menjauh dari Bagnaia dan Martin. Mereka punya jarak 0,4 detik dari Bagnaia dan Martin.

Binder lalu bertarung sengit menghadapi Miller di dua lap terakhir. Miller sukses menyusul Binder dan berada di posisi terdepan.

Binder tak mau pasrah begitu saja ada di posisi kedua. Ia lalu sukses menyusul Miller lewat pertarungan sengit yang diwarnai aksi saling susul di tikungan.  Di lap terakhir, Bagnaia berhasil menyalip Miller dan berhak atas posisi kedua.

Sementara meski gagal jadi tercepat dalam sprint race, rider Spanyol, Aleix Espargaro, meraih pole position pada kualifikasi MotoGP Spanyol, Sabtu sore. Espargaro mencatatkan waktu 1 menit 37,216 detik.

Kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Jerez berjalan seru sejak awal. Sejumlah rider top harus mengawali kualifikasi dari sesi pertama alias Q1 MotoGP Spanyol.  Antara lain ada Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, Franco Morbidelli, dan Fabio Quartararo. Pada sesi Q1, Quartararo tampil buruk

Penampilan bagus justru ditampilkan Jack Miller dan Jorge Martin. Miller menempati posisi kedua, dan Martin mengakhiri sesi kualifikasi di urutan ketiga. *

Komentar