nusabali

Muncul Dua Bakal Calon dalam Musorkab KONI Karangasem, Gede Suadi Dibayangi Ketua DPRD

  • www.nusabali.com-muncul-dua-bakal-calon-dalam-musorkab-koni-karangasem-gede-suadi-dibayangi-ketua-dprd

“Untuk identitas dukungan Pengkab Cabor tidak kami buka ya, yang jelas itu ada surat pernyataan dukungan resmi di panitia," kata Ketua Panpel Musorkab KONI Karangasem, I Ketut Juni Arsawijaya."

AMLAPURA, NusaBali 
Nama I Gede Suadi dibayangi Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Wayan Suastika dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Karangasem dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum periode 2023-2027, yang akan digelar pada 30 April 2023.  Gede Suadi, yang juga mantan Ketum KONI Karangasem 2015-2019, mengklaim dukungan dari 27 voter atau Pengkab Cabor. Sedangkan Wayan Suastika juga mendapat dukungan beberapa Pengkab Cabor, dari total 33 voter. 

Menurut Ketua Panitia (Panpel) Musorkab KONI Karangasem, I Ketut Juni Arsawijaya, Rabu (19/4) berdasarkan hasil Pra Musorkab pada Jumat (31/3) di Aula Kantor Disikpora, pengajuan bakal calon Ketum KONI Karangasem dibatasi hingga 14 April 2023. 

Menurut Juni Arsawijaya yang juga Ketua Pengkab ISSI Karangasem, dari 33 voter di bawah naungan KONI Karangasem ada masuk surat dukungan 29 Pengkab Cabor. Dari 29 Pengkab Cabor itu 28 Pengkab Cabor mengarahkan dukungan kepada I Gede Suadi.  

Namun hasil verifikasi hanya 27 cabor yang dinyatakan sah dukungannya, sedangkan satu cabor tidak sah karena tanpa ditandatangani Ketua Pengkab Cabor. Sedangkan sisanya Pengkab Cabor menyatakan dukungannya kepada Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika. 

"Untuk identitas dukungan Pengkab Cabor tidak kami buka ya, yang jelas itu ada surat pernyataan dukungan resmi di panitia," tegas Juni Arsawijaya. 

Juni Arsawijaya yang juga birokrat di Inspektorat Pengkab Karangasem itu mengaku telah menetapkan tata tertib dan mekanisme pemilihan pada Pra Musorkab.  Diawali dari proses pendaftaran dukungan, verifikasi, dan konfirmasi kesedian terkait bakal calon. Meskipun pihkanya sangat yakin, secara personal bakal calon yang muncul itu, Pengkab Cabor telah melakukan komunikasi secara personal. 

"Kita tetap pastikan kesediannya selalu bakal calon, karena akan kita undang pada Musorkab nanti," kata Juni Arsawijaya. 

Juni Arsawijaya pun berharap proses Musorkab nanti berjalan sukses dan lancar dan mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat.
Selain ada 33 voter dari Pengkab Cabor yang masih aktif dan berhak sebagai pemegang suara, ada satu voter lagi dari KONI Bali yang akan hadir pada Musorkab. Jadi akumulatifnya nanti ada 34 suara yang menentukan nasib olahraga di Karangasem untuk empat tahun kedepan. 

Namun melihat jumlah dukungan dari pengkab cabor, I Gede Suadi memiliki peluang kuat memimpin kembali KONI Karangasem setelah sempat terhenti selama satu periode di bawah Ketum KONI Karangasem I Putu Toya, sebab sebelum itu KONI Karangasem di bawah kendali Gede Suadi yang saat itu prestasinya mampu menghindar status juru kunci. 

Meski demikian, kubu Wayan Suastika terus bergerak untuk mendadapat dukungan lebih banyak. Wayan Suastika sendiri bertekad mengangkat kemajuan olahraga di Karangasem. dek

Komentar