nusabali

Sambut Libur Lebaran di Tabanan, DTW Siapkan Area Parkir Cadangan

  • www.nusabali.com-sambut-libur-lebaran-di-tabanan-dtw-siapkan-area-parkir-cadangan

Wisatawan meggunakan roda empat atau bus diprediksi akan melonjak sehingga kesiapan areal parkir daerah tujuan wisata jadi perhatian pengelola.

TABANAN, NusaBali

Libur Lebaran akhir pekan ini diprediksi membuat DTW Ulun Danu Beratan dan DTW Tanah Lot mengalami lonjakan pengunjung. Sebagai antisipasi awal, manajemen parkir sudah disiapkan sedari awal.

Asisten Manajer DTW Tanah Lot I Putu Toni Wirawan mengatakan persiapan lonjakan kunjungan ke Tanah Lot sudah diantisipasi terutama ketersediaan parkir. Ada dua lokasi parkir yang disiapkan. "Kami sudah punya cadangan parkir, bila parkir utama seluas 1 hektare ini penuh," ujarnya, Senin (17/4).

Kata dia lahan parkir kedua disiapkan ini berada masih di seputar parkir utama. Untuk parkir utama sendiri kendaraan yang bisa ditampung lumayan banyak sekitar 50-60 bus, 70-100 roda 4, dan 200-300 sepeda motor.

"Sementara daya tampung parkir cadangan bisa untuk 50 unit roda 4 pada parkir timur serta 100 unit roda 4 dan 60-70 unit bus di parkir barat. Tapi kami yakin dengan lonjakan kunjungan kita tak kekurangan parkir apalagi wisatawan berkunjung paling lama 2 jam," jelas Toni Wirawan.

Hal serupa disampaikan oleh Humas DTW Ulun Danu Beratan I Made Sukarata. Untuk persiapan libur Lebaran dilakukan pemanfaatan lahan parkir. "Penataan difokuskan pada lahan parkir bus dengan pertimbangan libur lebaran akan didominasi rombongan keluarga yang menggunakan roda 4," jelasnya.

Menurutnya luas parkir sekarang di DTW Ulun Danu Beratan 1,5 hektare dengan daya tampung 250 unit roda 4, 40 unit bus, dan 300 unit roda 2. "Kami juga akan lakukan pengaturan depan pos untuk mengantisipasi macet," tandas Sukarata. *des

Komentar