nusabali

BI Gelar Layanan Kas Keliling Peduli Mudik

Imbau Masyarakat Hati-Hati Transaksi

  • www.nusabali.com-bi-gelar-layanan-kas-keliling-peduli-mudik

DENPASAR,NusaBali
Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi pembayaran baik secara tunai maupun non tunai dengan selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi seperti username dan password, PIN, serta kode OTP (one-time password).

Dalam mengantisipasi adanya penyalahgunaan transaksi melalui kanal pembayaran QRIS, BI  terus meningkatkan edukasi dan literasi terkait keamanan transaksi QRIS yang menjadi tanggung jawab bersama.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KPwBI Bali) Trisno Nugroho menyampaikan Minggu(16/4).

“Bank Indonesia mengingatkan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) untuk melakukan penguatan pengawasan penyelenggaraan QRIS diantaranya, memastikan proses Know Your Merchant (KYM) dalam proses pendaftaran merchant baru, “ ujar Trisno Nugroho.

Dikatakan PJP melakukan monitoring kewajaran profil dan transaksi pada merchant sebagai tindakan mitigasi fraud. Melakukan cleansing data merchant untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan data agar dapat menjadi tools untuk meningkatkan efektivitas pengawasan/pemantauan dan meningkatkan edukasi dan literasi untuk merchant dan pengguna QRIS dalam rangka meningkatkan keamanan transaksi QRIS.

Selanjutnya, kepada pedagang/merchant, BI juga mengingatkan untuk memastikan keamanan QRIS yang ditampilkan agar tidak diganti atau dimodifikasi oleh pihak yang tidak berwenang.

Hingga hari ke-20 Ramadhan atau 11 April 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali telah memenuhi kebutuhan penarikan perbankan sebanyak Rp1.306 Miliar yang didominasi uang pecahan besar sebesar Rp 1.112 Miliar dan uang pecahan kecil sebesar Rp194 Miliar.

Sementara pada Sabtu (15/4)  Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Sukawati atau Cok Ace membuka Layanan Kas Keliling Peduli Mudik di Parkir Timur Puputan Renon bersama 11 bank yang berlangsung sejak tanggal 14 sampai  18 April 2023.

Trisno membuka Layanan Kas Keliling Peduli Mudik di Parkir Timur Puputan Renon bersama 11 bank yang berlangsung sejak tanggal 14 sampai dengan  18 April 2023.

Trisno Nugroho, menginformasikan kegiatan layanan penukaran uang kepada calon pemudik ini terdapat juga di beberapa titik di Provinsi Bali, yaitu di Terminal Mengwi pada tanggal 17 April 2023 dan di Pelabuhan Padang Bai pada tanggal 17 sampai dengan 18 April 2023.

Selanjutnya, sehubungan dengan adanya Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama bertepatan dengan Idul Fitri 1444H/ Tahun 2023, kegiatan operasional di BI Bali pada tanggal 19 sampai dengan  25 April 2023 ditiadakan (tidak beroperasi). *K17

Komentar