nusabali

Polres Badung Pastikan HET Sembako Aman di Pasar Mengwi

  • www.nusabali.com-polres-badung-pastikan-het-sembako-aman-di-pasar-mengwi

MANGUPURA, NusaBali.com - Kapolres Badung turun gunung untuk mengecek harga eceran tertinggi (HET) sembako di Pasar Mengwi jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pada Sabtu (15/4/2023) pagi, Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono 'blusukan' ke Pasar Desa Adat Mengwi. Sampai di pasar, Teguh langsung menyambangi para pedagang kebutuhan pokok penting seperti beras, minyak goreng, telur, daging, rempah, dan lainnya.

"Pagi ini kami melakukan pengecekan ke Pasar Mengwi terkait harga-harga bahan pokok penting agar tidak melebihi HET," ujar Teguh usai blusukan di Pasar Mengwi bersama Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Badung.

Tidak sekadar bertanya dan mewawancari para pedagang, mantan Wakapolres Tuban, Jawa Timur ini juga memeriksa label dan kualitas produk. Didampingi Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana, Teguh lantas memeriksa stok dari masing-masing bahan pokok penting itu.

"Tidak hanya berhenti di sini, kami juga akan melakukan monitoring pendistribusian bahan pokok menjelang lebaran," kata Teguh guna menghindari kelangkaan karena sebaran produk yang tidak merata maupun karena penimbunan.

Usai berkeliling di pasar rakyat yang dikelola Desa Adat Mengwi itu, Teguh menyimpulkan bahwa pedagang belum ada ditemukan berbuat curang. Harga yang ditawarkan masih sesuai HET. Minyak goreng misalnya HET masih di Rp 14.000 per liter.

Teguh berharap dengan situasi harga yang masih terkontrol ini membuat masyarakat lebih lega berbelanja bahan pokok. Mantan Kapolsek Klojen, Kota Malang ini pun mengimbau agar pedagang tidak jor-joran mencari untung guna menjaga kondusivitas pasar.

"Hasil pengecekan tadi, harga-harga masih stabil, ketersediaan barang juga masih mencukupi begitu pula akan kami kawal pendistribusiannya," tandas Teguh. *rat

Komentar