nusabali

Indra Sjafri Tetapkan Tiga Target

Timnas U-22 vs Lebanon, Malam Ini

  • www.nusabali.com-indra-sjafri-tetapkan-tiga-target

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menetapkan sejumlah target dalam laga ujicoba kontra Lebanon.

Satu di antaranya yaitu mencari 20 pemain terbaik yang akan dibawa ke SEA Games 2023 Kamboja. Ya, Timnas U-22 dua kali menghadapi Lebanon di Stadion Utam Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Laga pertamanya digelar pada Jumat (14/4) malam.

"Tentu uji coba ini akan kami pergunakan semaksimal mungkin, terutama untuk menentukan siapa sih skuad 20 orang terbaik tersebut yang akan kami bawa nanti ke SEA Games, karena memang sesuai regulasi SEA Games hanya diperbolehkan membawa 20 pemain," ujar Indra Sjafri saat sesi jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (13/4).

Saat ini, Timnas U-22 masih berkekuatan 34 pemain. Sedangkan 20 pemain terpilih nantinya akan berangkat ke Kamboja pada 24 April 2023.  Laga uji coba ini juga dijadikan Indra Sjafri menggodok rencana permainan timnya jelang SEA Games 2023. Tiga hari sebelumnya, Timnas U-22 bermain imbang 1-1 dengan Bhayangkara FC di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

"Yang kedua uji coba ini untuk mematangkan game-plan kami dengan lawan yang kami rancang di program ini yaitu pertama dengan Bhayangkara FC," kata Indra Sjafri.

"Kedua dengan Lebanon, yang ketiga juga dengan Lebanon lagi. Nanti yang keempat dengan tim lokal lagi antara PSM Makassar atau Dewa United," kata Indra Sjafri.

Lebih jaun Indra mengaku semakin paham kualitas para pemain yang akan dikerucutkan dari 34 pemain menjadi 20 pemain. Termasuk progress ujicoba nanti akan mulai mengerucutkan sesuai regulasi pergantian yang tak bebas lagi

“Ini dari sisi formasi dan para pemain yang akan mengisi posisi tertentu akan mulai mengerucut, siapa mengisi posisi terbaik, pemain terbaik," kata Indra Sjafri

Timnas U-22 saat ini menjalani program pemusatan latihan untuk persiapan SEA Games dalam kurun waktu yang relatif pendek. Namun pelatih Indra menyebut hal itu justru ideal, karena para pemain semestinya lebih banyak ditempa berkompetisi di klub ketimbang mengikuti pemusatan latihan, khususnya pemain-pemain usia senior.

Pada SEA Games Kamboja, timnas Indonesia cabang olahraga sepak bola menempati Grup A bersama dengan tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Timnas U-22 ditargetkan meraih medali emas, setelah Indonesia baru dua kali merebut medali emas dari cabang olahraga sepak bola, yakni pada 1987 dan 1991. *ant

Komentar