nusabali

Warga Jimbaran Usulkan Pembuatan Jalan Alternatif

  • www.nusabali.com-warga-jimbaran-usulkan-pembuatan-jalan-alternatif

MANGUPURA, NusaBali
Dalam upaya memecah kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, kini muncul usulan pembuatan jalan altenatif.

Usulan tersebut muncul saa Panitia Penataan Pesisir Pantai dan Pembuatan Akses Jalan Sepanjang Pantai Jimbaran melakukan audensi dengan Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Selasa (11/7).

Ketua Panitia Penataan Pesisir Pantai dan Pembuatan Akses Jalan Sepanjang Pantai Jimbaran, AA Bagus Mutiara, mengatakan melihat kemacetan yang hampi terjadi setiap hari, sejumlah usulan muncul dari masyarakat, termasuk pembuatan jalan alternatif untuk memecah kebuntuan lalu lintas yang selama ini terjadi. “Kami dari masyarakat Jimbaran berharap kepada Pemkab Badung untuk mencari celah-celah jalan alternatif,” ujarnya.

Dikatakan, pembuatan jalan yang diusulkan akan menggunakan sempadan pantai yang merupakan lahan notabene milik pemerintah. “Rencananya pembangunan jalan ini dari Muaya sampai Jimbaran sepanjang 2 kilometer. Eksisting jalan sudah ada sekitar 2 kilometer, cuma jalan ini perlu diperlebar untuk pembangunan got dan pedestrian agar lebih rapi,” kata Mutiara.

Dia berharap agar usulan dapat dipertimbangkan. Sebab ini semata-mata demi mengurai kemacetan yang selama ini kerap terjadi. Sebagai gambaran, katanya, saat macet parah terjadi, jarak tempuh dari Jimbaran menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai saja bisa memakan waktu 1,5-2 jam.

Ketua DPRD Badung Putu Parwata, mengatakan akan mengusulkan langsung kepada pemerintah, apa yang menjadi aspirasi warga Jimbaran, sehingga dapat dijadikan program prioritas pada 2023. Selain untuk mengurai kemacetan, pembuatan jalan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada Daya Tarik Wisata (DTW).

“Kami sebagai pimpinan DPRD Badung akan mengajukan usulan-usulan ini menjadi program prioritas. Sekarang kami akan usulkan, supaya di 2023 akan menjadi program prirotas,” kata Parwata. *ind

Komentar