nusabali

Trisno Nugroho Sebut Bali Tempat Menarik untuk Investasi

  • www.nusabali.com-trisno-nugroho-sebut-bali-tempat-menarik-untuk-investasi

DENPASAR,NusaBali
Momentum pemulihan ekonomi yang terus membaik yang tercermin dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi, diikuti inflasi yang terkendali, menjadikan Bali tempat yang menarik untuk berivenstasi.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, saat mengikuti promosi perdagangan, pariwisata dan investasi atau Trade, Tourism and Investment (TTI) di Tokyo, Jepang, bersama Pemerintah Provinsi Bali bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo beberapa waktu lalu.

Trisno memaparkan perkembangan terkini ekonomi Bali di hadapan investor, buyer potensial, pelaku usaha dan travel agent asal Jepang pada sesi Business Forum. Dia menekankan bahwa momentum pemulihan ekonomi Bali terus membaik yang tercermin pada pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan inflasi yang tetap terkendali. “Mempertimbangkan kondisi ekonomi tersebut, saat ini Bali merupakan tempat yang menarik untuk berinvestasi,” kata Trisno.

Selain itu, konsep ‘Bali Kerthi’ yang mendorong sektor lain di luar pariwisata untuk berkembang, merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Menurut Trisno, Bali memiliki produk unggulan lokal yang memiliki potensi besar untuk dijual di pasar domestik maupun ekspor ke luar negeri.

Hadir dalam perhelatan yang digelar di Wisma KBRI tersebut di antaranya duta besar asing di Jepang, fashion enthusiast, pelaku usaha, travel agent di Jepang, serta masyarakat Bali dan Indonesia yang tinggal di Jepang (diaspora).

Sementara, Gubernur Bali Wayan Koster pada kesempatan tersebut mengungkapkan terus menjaga momentum pemulihan ekonomi Bali pasca pandemi. Dia menambahkan Bali saat ini sedang melakukan transformasi ekonomi melalui konsep ‘Kerthi Bali’ dengan enam sektor prioritas yang menjadi pondasi perekonomian Bali ke depan, yaitu pertanian, kelautan/perikanan, industri branding Bali, UMKM dan koperasi, ekonomi kreatif dan digital, serta pariwisata.

Untuk mendukung konsep ‘Bali Kerthi’ tersebut, Pemprov Bali terus berupaya membangkitkan UMKM di Bali yang sempat terpuruk akibat pandemi, antara Iain melalui sinergi dengan Dekranasda. “Dukungan Dekranasda Provinsi Bali yang secara konsisten memfasilitasi dan membimbing pelaku UMKM sangat bermanfaat bagi kebangkitan IJMKM di Bali,” ungkap Gubernur asal Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng.

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Bali Wayan Koster dan pihak terkait di antaranya BPD Bali, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kertha Bali Saguna, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali dan Bank Indonesia Bali yang telah berkontribusi dalam kegiatan promosi ini. Selain untuk lebih mempromosikan Bali, kegiatan promosi  perdagangan, pariwisata dan investasi di Tokyo, sekaligus bertujuan untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang. “Melalui semangat Kokoro-Hitotsu-Ni atau One Heart, kami yakin kemitraan Indonesia dan Jepang ke depan akan semakin kuat dan solid,” kata Heri. *K17

Komentar