nusabali

Gemakan Spirit Bung Karno ke Sekolah

  • www.nusabali.com-gemakan-spirit-bung-karno-ke-sekolah

Rombongan Wabup Sanjaya disambut antusias oleh para siswa dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

TABANAN, NusaBali
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mendatangi tiga sekolah di tiga kecamatan di Tabanan, Jumat (9/6). Kedatangan Wabup Sanjaya bersama sejumlah anggota DPRD Tabanan untuk menggemakan sprit Bung Karno melalui penyerahan kata-kata mutiara. Kata mutiara dari Proklamator RI, Ir Soekarno ini berisi pesan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kunjungan diawali ke SMPN 1 Tabanan dilanjutkan ke SDN 5 Kediri dan SDN 2 Batannyuh, Kecamatan Marga, Tabanan. Selain didampingi anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan, penyerahan kata mutiara Bung Karno juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Wayan Adnyana dan Camat di masing-masing wilayah. Kedatangan Wabup Sanjaya bersama rombongan disambut antusias oleh para siswa dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Wabup Sanjaya mengatakan, Bangsa Indonesia saat ini sedang diuji oleh  situasi intoleran yang dapat meruntuhkan dan menjatuhkan nilai-nilai Pancasila. Sebagai generasi penerus, Bangsa Indonesia wajib bersama-sama mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan juga Bhinneka Tunggal Ika.  “Tanggal 1 Juni merupakan momentum bersejarah bagai bangsa Indonesia sebagai Hari Lahirnya Pancasila,” ungkap Wabup Sanjaya.

Dikatakan, bulan Juni menjadi istimewa karena presiden pertama yang juga Proklamator Kemerdekaan RI, Soekarno lahir tanggal 6 Juni dan wafat tanggal 21 Juni 1970. “Patutlah kita berbangga dan bersyukur atas jasa-jasa beliau sebagai pendiri banga Indonesia. Maka dari itulah muncul ide menyerahkan kata-kata mutiara Bung Karno ke sekolah-sekolah di Tabanan,” ungkapnya.

Ditambahkan, tanpa adanya ideologi Pancasila, bangsa akan runtuh. “Kita di Bali memiliki toleransi tinggi. Maka kami mengarahkan anak-anak tentang hakekat Pedoman, Penghayatan, dan Pengalaman Pancasila,” imbuhnya. Diharapkan, kata-kata mutiara Bung Karno bermanfaat bagi para siswa dan dipasang di dinding kelas. *k21

loading...

Komentar