nusabali

Cuaca Bali Saat Hari Paskah Bagaimana? Lihat Perkiraan Lengkapnya

  • www.nusabali.com-cuaca-bali-saat-hari-paskah-bagaimana-lihat-perkiraan-lengkapnya

MANGUPURA, NusaBali.com – Setelah merayakan hari Jumat Agung pada Jumat (7/4/2023), umat Kristiani akan merayakan hari kemenangan di mana Yesus Kristus yang rela mati disalib itu bangkit. Perayaan kebangkitan Kristus itu dikenal dengan perayaan Hari Paskah pada Minggu (9/4/2023).

Prakirawan Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Putu Agus Dedy Permana menerangkan prakiraan cuaca wilayah Bali pada Hari Paskah secara umum cerah berawan.

Namun disebutkannya masih terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Bali. Sementara suhu udara berkisar antara 22 sampai 33 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar anatara 65 hingga 98 persen.

Informasi dan data prakiraan cuaca yang dihimpun NusaBali.com dari Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar menyebutkan Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya ke Barat dengan kecepatan sekitar 5 sampai 36 kilometer per jam.

Sedangkan tinggi gelombang laut di perairan Utara Bali berkisar antara 0.25 hingga 1.5 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 0.75 hingga 2.5 meter, di Selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter dan di Selat Lombok berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter.

“Kondisi ini disebabkan oleh labilitas lokal kuat yang mendukung proses konveksi skala lokal terdapat di wilayah Bali. Terdapat daerah pertemuan angin di sekitar wilayah Bali yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan konveksi penyebab terjadinya hujan,” jelas Agus Dedy saat dikonfirmasi pada Sabtu (8/4/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, suhu muka laut di sekitar wilayah Bali umumnya berkisar antara 28 hingga 30 derajat celcius. Suhu muka laut yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air di wilayah Bali.

Selain itu, masa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 mb atau 1.500 meter.

Dengan kondisi tersebut, kata Agus Dedy masyarakat harus tetap waspada dengan adanya potensi hujan yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 1.0 meter di Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, Perairan Selatan Bali, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

"Masih terdapat hal yang perlu diwaspadai yaitu potensi cuaca buruk seperti hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat. Untuk potensi terbesarnya terjadi di Bali bagian utara, tengah, dan timur," tuturnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir.

“Masyrakat umum, nelayan dan pelaku kegiatan wisata Bahari sebaiknya mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali. Serta selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim. peringatan dini itu bisa di lihat di laman resmi BMKG dan sosial media BMKG,” pungkasnya.

Berikut ulasan perkiraan cuaca saat Hari Paskah, Minggu (9/4/2023) besok di wilayah Bali yang telah NusaBali.com rangkum dari data BMKG Wilayah III Denpasar:

Amlapura : Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari.

Bangli : Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari.

Denpasar : Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari.

Gianyar : Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari.

Mengwi :
Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari.

Negara :
Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang dan dini hari, dan berawan pada malam hari.

Semarapura : Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari.

Singaraja : Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari.

Tabanan :
Cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, dan berawan pada malam dan dini hari. *ris



Komentar