nusabali

Tawur Kasanga Diawali Mapepada Agung

  • www.nusabali.com-tawur-kasanga-diawali-mapepada-agung

BANGLI, NusaBali
Panitia Karya Tawur Kasanga dari Pemkab Bangli menggelar upacara Mapepada Agung di Catus Pata Bangli, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Senin (20/3).

Upacara ini serangkaian Tawur Kasanga jelang Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu (22/3) besok. Mapepada untuk menyucikan semua jenis wawalungan atau hewan sarana upacara. Hewan ini akan dipergunakan untuk Tawur Kasanga, Selasa (21/3) pagi.

Dalam Mapepada, semua hewan yang akan dipersembahkan disucikan dengan cara didoakan dan dituntun murwa daksina atau keliling tiga kali, mengelilingi catus pata  searah jarum jam. Berdasarkan keyakinan Hindu, upacara ini untuk meningkatkan derajat roh hewan korban agar nanti lahir kembali menjadi makhluk berderajat lebih tinggi.

Mapepada dipuput Ida Pedanda Gede Satwika Putra Keniten dari Griya Tegalalang Bangli. Hadir saat itu, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar bersama jajaran OPD terkait lainnya.

Wabup Wayan Diar mengatakan hewan yang akan dijadikan sarana upacara Tawur, yakni kerbau, sapi, angsa, kambing, itik, dan lainnya. "Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Tawur Kasanga di Bangli ini, alam semesta beserta isinya jauh dari segala marabahaya," ungkapnya.

Kata dia, Tawur bertujuan untuk menetralisir pengaruh negatif  pada alam dan diri manusia. "Melalui perayaan Hari Raya Nyepi, kita hening dengan melaksanakan Catur Brata Panyepian. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Ida Hyang Widhi Wasa," ujar Wabup asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani ini. *esa

Komentar