nusabali

Doakan Koster Dua Periode

Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha Dukung Program Pemprov Bali

  • www.nusabali.com-doakan-koster-dua-periode

DENPASAR,NusaBali
Dukungan buat Gubernur Bali Wayan Koster melanjutkan kepemimpinan (Koster Dua Periode,red) terus mengalir.

Setelah sejumlah komunitas dan tokoh masyarakat, giliran Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha yang dipimpin Ida Bhawati Hermawan Tangkas memberikan doa buat Gubernur Koster melanjutkan kepemimpinan di Pemprov Bali.

Doa tersebut disampaikan saat Gubernur Koster menghadiri puncak HUT ke- 17 Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha di Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Soma Wage Tambir, Senin (27/2).

Manggala Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha, Ida Bhawati Hermawan Tangkas, para pinandita, ratusan pemangku kompak mendukung Koster sebagai murdaning (pemimpin) jagat Bali terus melanjutkan kepemimpinannya di Pemerintah Provinsi Bali dan senantiasa diberikan kesehatan oleh Ida Hyang Widhi Wasa. Pasraman juga siap mendukung program-program Pemprov Bali.

Hasil kerja keras Gubernur Koster dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur monumental dan fundamental di Bali mendapat apresiasi Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha. Pembangunan nyata itu diantaranya; Pembangunan pelindungan kawasan suci Pura Besakih di Kabupaten Karangasem, pembangunan kawasan Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung, pembangunan jalan shortcut Singaraja-Mengwi, pembangunan tiga Pelabuhan sekaligus; Pelabuhan Sanur di Denpasar, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida di Klungkung, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan Klungkung, pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali di Buleleng, pembangunan Bendungan Tamblang di Buleleng, pembangunan Bendungan Sidan di wilayah Badung-Bangli- Gianyar, pembangunan Tol Jagat Kerthi Bali sepanjang 96 kilometer yang menghubungkan Gilimanuk Jembrana –Mengwi Badung.

Sementara, Gubernur Koster kemarin mengajak warga pasraman agar melestarikan adat istiadat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal Bali, sesuai visi Nangun Sat Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali era Baru, dengan sepenuhnya menerapkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi yaitu enam sumber utama kesejahteraan dan kebahagiaan kehidupan manusia yang meliputi; Atma Kerthi, Segara Kerthi, Danu Kerthi, Wana Kerthi, Jana Kerthi, dan Jagat Kerthi.

Gubernur Koster menyampaikan, untuk memajukan adat istiadat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal Bali, pihaknya telah membuat berbagai kebijakan dengan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) dan Peraturan Daerah (Perda).

Koster sangat mengapresiasi Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha dalam menjalankan kegiatan pembinaan dan pendidikan Sesana Kepemangkuan, yang secara jumlah sudah memberikan pendidikan kepada 2.400 lebih Pemangku. “Mudah-mudahan hasil pendidikan tersebut betul-betul dapat dijalankan dengan baik, utamanya sebagai Pemangku yang bertugas ke niskala,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Sementara Ida Bhawati Hermawan Tangkas menyampaikan, bahwa setiap rahina redite (Hari Minggu) Pasraman Pinandita menyelenggarakan pembinaan dan pembelajaran terhadap para Pinandita dengan memberikan materi ke-pinanditaan yang tertuang dalam Tri Kerangka Dasar Agama Hindu. “Saat HUT tahun ini, kami mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan upacara metatah massal dengan melibatkan ratusan orang, kemudian melaksanakan pewintenan Jro Mangku Gede yang sebelumnya melaksanakan peningkatan status kepemangkuan dari Jro Mangku ke Jro Mangku Gede,” ujar Bhawati Hermawan Tangkas.

Kata dia, Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha tidak bertugas mencetak Pemangku, namun hanya menyediakan tempat dan waktu untuk para Pemangku yang sudah mendapatkan kepercayaan baik dari keturunan, pemilihan di masing-masing Pura Dadia sampai Pura Kahyangan Desa. Sehingga, menurut Ida Bhawati, di Pasraman para Pemangku mendapatkan tempat dan waktu untuk belajar meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, khususnya dibidang sesana Kepemangkuan.

“Karena sesungguhnya kami sadar betul, bahwa para Pinandita kedepan mempunyai tuntutan yang sangat-sangat berat,” jelas Ida Bhawati Hermawan Tangkas sembari menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Koster yang telah hadir di HUT ke-17 Pasraman Pinandita Brahma Vidya Samgraha.*nat

Komentar