nusabali

Inilah Perbedaan Global Warming dengan Perubahan Iklim

  • www.nusabali.com-inilah-perbedaan-global-warming-dengan-perubahan-iklim

DENPASAR, NusaBali.com - Berikut ini adalah materi tentang pemanasan global atau global warming yang memiliki perbedaan dengan perubahan iklim.

Perubahan iklim sering dikaitkan dengan tanda peristiwa akan terjadinya pemanasan global atau global warming.

Secara garis besar, pemanasan global adalah peristiwa peningkatan suhu sehingga menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem.

Sementara, perubahan iklim adalah peristiwa perubahan pola cuaca rata-rata yang ditandai dengan berubahnya iklim atau cuaca.

Sebagaimana dikutip  dari laman Global Climate Change NASA tentang perbedaan pemanasan global atau global warming dengan perubahan iklim.

Apa itu Pemanasan Global?

Pemanasan global atau global warming adalah suatu kondisi ketidakseimbangan ekosistem di bumi yang diakibatkan oleh peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi.

Beberapa faktor penyebab terjadinya pemanasan global yaitu penebangan hutan secara liar, limbah industri, emisi gas gas bahan bakar kendaraan, penggunaan listrik dan lainnya. 

Dari aktivitas manusia tersebut, dapat memicu peningkatan kadar gas rumah kaca yang merangkap panas di atmosfer bumi.

Bagaimana Perbedaan Pemanasan Global dengan Perubahan Iklim?

Perubahan iklim adalah suatu perubahan pola cuaca rata-rata yang terjadi dalam jangka waktu cukup panjang, hingga menjadi penentu kondisi iklim lokal, regional bahkan secara global bumi.

Salah satu faktor penyebab yang memicu perubahan iklim adalah aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil (seperti batu bara, minyak, dan gas) yang menghasilkan gas yang memerangkap panas.

Beberapa tanda perubahan iklim yaitu peningkatan suhu daratan dan lautan global, mencairnya es di kutub, gletser gunung, perubahan cuaca ekstrem dan lainnya.

Contoh peristiwa alamiah yang berdampak pada manusia adalah pola siklus di samudera La Nina, El Nino dan lainnya.

Itulah materi tentang pemanasan global atau global warming yang memiliki perbedaan dengan perubahan iklim. *feb

Komentar