nusabali

Sekda Tabanan Minta Masyarakat Segera Booster II

  • www.nusabali.com-sekda-tabanan-minta-masyarakat-segera-booster-ii

TABANAN, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Sekda Tabanan Gede Susila meminta masyarakat melaksanakan vaksinasi booster II.

Vaksinasi sudah  bisa dilakukan di pelayanan kesehatan ataupun puskesmas terdekat. Sebagai awal Pemkab Tabanan lakukan vaksinasi terhadap ASN di lingkungan Kantor Bupati Tabanan pada Senin (30/1). Dari target 1.400 baru sekitar 923 ASN yang tervaksin. Vaksinasi menyasar ASN ini sebagai upaya untuk sosialisasi kepada masyarakat.

Sekda I Gede Susila mengatakan kegiatan vaksinaai akan dilaksanakan secara berkelanjutan. "Kalau sebelumnya kita melaksanakan booster ini kepada Nakes, kemudian terus berlanjut hari ini kita mulai dengan ASN kita di Tabanan. Ini tentu bermanfaat untuk kepentingan peningkatan imunitas kita untuk menjaga penyebaran Covid-19, walaupun sebenarnya dari tingkat penularannya sudah mengalami penurunan, tetapi masih ada varian-varian baru yang perlu kita waspadai," ungkapnya.

Selain itu kata Susila, pariwisata sudah dibuka dan terakhir wisatawan dari Tiongkok juga sudah datang ke Tabanan sehingga seluruh elemen harus mempersiapkan diri dari penyebaran varian-varian baru Covid-19. Dia berharap seluruh masyarakat Kabupaten Tabanan melaksanakan secara serentak Vaksin Booster yang kedua ini. "Capaian vaksinasi di tahun 2022 kemarin sudah maksimalnya 75 persen di seluruh masyarakat," jelasnya.

Susila juga menegaskan, bahwa vaksinasi booster kedua ini sudah teruji dan aman bagi seluruh masyarakat. "Oleh karena itu, hari ini ASN kita jadikan tauladan, contoh kepada masyarakat bahwa untuk pelaksanaan vaksinasi booster kedua ini tidak ada masalah, aman dan terkendali kita laksanakan di seluruh masyarakat Tabanan. Hari ini (kemarim) dan seterusnya kita akan terus bergerak melalui puskesmas puskesmas kita, fasilitas-fasilitas kita di masing-masing kecamatan," tegasnya.

Susila menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster ini sudah bisa dilaksanakan di masing-masing Puskesmas kalau misalnya ada masyarakat yang berkenan. "Kalau misalnya terjadi kendala karena kedatangan vaksin sudah cukup banyak, kita akan dorong lagi di pos-pos di tingkat desa bekerjasama dengan Bendesa Adat terkait. Silakan datang masyarakat ke Puskesmas atau pelayanan-pelayanan vaksinasi yang sudah disiapkan," ajak Susila.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Susila menegaskan, animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi memang menurun. Namun harapannya lewat ASN yang tervaksin duluan masyarakat mulai tergugah. "Vaksinasi booster II penting dilakukan, karena sampai saat ini kasus Covid-19 belum berhenti meskipun menunjukkan angka penurunan. Vaksinasi penting untuk imunitas tubuh kita," tegasnya.

Untuk itu, setelah digelar di Kantor Bupati Tababan, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan secara massal di Gedung Kesenian I Ketut Maria pekan depan. "Kalau minggu ini masih krodit, pekan depan akan kita buat gebyar vaksin di Gedung Maria," tandas dr Susila. *des

Komentar