nusabali

Bawang Putih Mahal, Pembelian Menyusut

  • www.nusabali.com-bawang-putih-mahal-pembelian-menyusut

Mahalnya harga bawang putih belakangan ini, menyebabkan gelagapan para pedagang bumbu.

DENPASAR, NusaBali

Omset  penjualan mereka menyusut, lantaran pembeli  berkurang.  Meski  merasa rugi,  para pedagang tak bisa berbuat apa-apa kecuali pasrah.  “Ya memang,  bawang putih memang mahal,” ujar Kadek Nusa, seorang  pedagang di Pasar Kumbasari, Denpasar, Minggu (21/5).

Dari penuturan  pedagang per kuintal bawang putih, harganya di atas Rp 800.000. Sebelumnya harga bawang putih berada di kisaran harga  Rp 600.000 per kuintal. Inilah yang menyebabkan pedagang berat.

Belum lagi tambahan biaya angkut, yang rata- rata Rp 5.000 per kuintal. Karenanya untuk pedagang eceran, juga harus menyesuaikan. “Seperempat kilo bisa sampai Rp 12 ribu,” ujar pedagang lain di Pasar Kreneng.  

Diakui  karena harga bawang putih yang tinggi tersebut, rata- rata pembeli mengurangi  takaran pembelian. Dari yang biasanya membeli sekilo,  berkurang lebih dari setengahnya. “Karena memang mahal. Kami pedagang juga bingung,” tambahnya.

Keadaan tersebut diperparah lagi suasana perekonomian  secara umum dirasakan lesu. “Sudah sejak usai Galungan lalu harga bawang putih terus naik,” tambah Kadek Nusa.  Para pedagang berharap harga bawang putih stabil, bisa turun seperti harga sebelumnya.  “ Meski harga naik, namun penjualan menurun untung sedikit. Apalagi kami hanya pedagang kecil,” ujar pedagang.

Para pedagang mengeluh, karena rata-rata pelanggan tetap maupun  pembeli lain mengaku keberatan dengan  kenaikan harga bawang putih. “ Syukurnya jenis bumbu lain seperti bawang merah stabil,”  kata Kadek Nusa. Untuk harga bawang merah, harga per kilonya berkisar Rp 35.000. Demikian juga jenis bumbu  di antaranya cabai, juga tidak bergejolak harganya. “Sementara hanya bawang putih yang naik harganya,” ungkap pedagang.

Dari pantauan lapangan, stok bawang putih di pasar–pasar umum di Denpasar  terlihat masih aman. Rata-rata pedagang bumbu, mengaku masih bisa mendapatkan bawang dari supplier meskipun  harganya mahal. *k17

Komentar