nusabali

Indonesia Tekankan Empat Sukses Piala Dunia U-20

  • www.nusabali.com-indonesia-tekankan-empat-sukses-piala-dunia-u-20

JAKARTA,NusaBali
Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menekankan empat sukses saat jadi tuan rumah Penyelenggaraan FIFA World Cup U-20, pada Mei-Juni 2023.

"Yakni, sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan sukses ekonomi," kata Zainudin Amali, dalam rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga untuk persiapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20, di laman resmi Kemenpora, Selasa (27/12) malam.

Tekad Menpora tersebut diamini peserta rapat koordinasi yang digelar secara virtual, dan dihadiri Kementerian dan Lembaga, di antaranya Kementerian PUPR, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian RI, TNI, Kejaksaan Agung RI, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dukungan juga datang dari kementerian/lembaga lainnya, termasuk Kemenko PMK, Kementerian BUMN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perhubungan, Sekretariat Kabinet RI, dan PSSI.

"Kita tidak ingin dua sukses di depan kemudian belakangnya tidak sukses dengan adanya masalah-masalah yang dihadapi oleh panitia ada masalah hukum dan sebagainya. Juga sukses ekonomi, setiap even baik single dan multi-event empat sukses itu harus ditekankan di awal," kata Menpora.

Zainudin Amali meminta masing-masing daerah benar-benar siap dalam penyelenggaraan, sehingga dapat berdampak positif bagi ekonomi daerah terkait.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden No.12/2022 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA World Cup U-20. Bersamaan dengan itu, ada pula Keputusan Presiden No.22/2022 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan, terkait Indonesia menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 pada Mei-Juni 2023.

Indonesia juga mengikuti bidding tuan rumah FIFA World U-20 dan menang pada 2019. Sejatinya pelaksanaan piala dunia tersebut adalah pada 2021, tetapi karena pandemi COVID-19, FIFA menunda pelaksanaannya pada 2023, dan Indonesia tetap sebagai tuan rumahnya.

"Dalam Kepres, kita yang tergabung dalam INAFOC bertanggungjawab terhadap dukungan penyelenggaraan yang ketuanya langsung Menpora dan anggotanya dari kementerian lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah daerah. Susunan kepanitiannya nanti secara resmi akan kita umumkan secara lengkap."

Menpora menyampaikan alasan terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah yakni berkat surat langsung Presiden RI kepada Presiden FIFA atas kesanggupan dan disertai dengan government guarantee yang ditandatangani oleh beberapa menteri.

Sedangkan dalam enam daerah yang menjadi tuan rumah yakni, Jakarta yang akan dilaksanakan di SUGBK dan empat lapangan latihan (Lapangan ABC dan Stadion Madya.

Selain Jakarta, ada beberapa stadion yang digunakan, termasuk Stadion Si Jalak Harupat di Jawa Barat berserta lapangan latihan.

Lokasi lainnya, ada di Jawa Tengah menggunakan Stadion Manahan Solo dan empat lapangan latihan , Jawa Timur di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan beberapa lapangan latihan. Sumatera Selatan di Jakabaring dan beberapa lapangan latihan. Bali di Stadion Kapten I Wayan Dipta dan beberapa lapangan latihan lainnya. *ant

Komentar