nusabali

3 Dosen Rebut Posisi Rektor Undiksha

  • www.nusabali.com-3-dosen-rebut-posisi-rektor-undiksha

SINGARAJA, NusaBali
Tiga dosen yang calon Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja akan bertarung dalam Pemilihan Rektor (Pilrek) Undiskha periode 2023-2027.

Senat Undiksha telah menetapkan Pilrek Undiksha digelar pada 11 Januari 2023, melalui rapat pada Selasa (27/12) di Rektorat Undiksha, Kota Singaraja.

Tiga calon yang akan bertarung yakni Dr I Wayan Artanayasa yang kini menjabat Wakil Dekan II Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK), Prof Dr I Wayan Lasmawan, yang kini Wakil Rektor II Undiksha, dan Prof Dr I Ketut Sudiana, kini menjabat Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undiskha.

Pemilihan pada 11 Januari 2023 akan dilakukan secara langsung oleh Senat Undiksha dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristekdikti) RI atau yang mewakili.

Ketua Senat Undiksha Prof Dr I Nyoman Sudiana menjelaskan, tata tertib pemilihan telah dibahas oleh Senat dalam rapat khusus dan telah disetujui. Peraturan tersebut merupakan rincian lebih lanjut dari Peraturan Senat Undiksha Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor. Pemilihan ini diharapkan berjalan lancar, aman, damai, dan selalu mengedepankan keharmonisan.

"Karena bagaimanapun kondisi yang demikian merupakan kondisi yang menjadi prasyarat utama bagi keberlangsungan proses Pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Undiksha Prof Dr Ida Bagus Putu Arnyana mengaku, panitia telah siap menyambut tahapan pemilihan. "Hal yang dibutuhkan sudah kami siapkan, dan yang paling penting surat suara," terangnya.

Terkait kepastian siapa yang akan hadir dari pihak Kemdikbudristek untuk memberikan suara, pihaknya belum bisa memastikan. "Sejauh ini belum ada kepastian siapa yang hadir dari Kementerian," kata guru besar asal Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar ini.

Arnyana menambahkan, sebelum pemilihan, tiga calon rektor tersebut akan mengikuti wawancara yang dilaksanakan oleh Kemdikbudristek. "Mungkin (wawancara) tentang bagaimana visi mereka dalam memajukan universitas. Oleh karna itu akan dilaksanakan wawancara oleh kementerian, tetapi jadwalnya belum ditentukan," imbuhnya.

Untuk diketahui, tiga calon rektor yang akan memperebutkan kursi Rektor Undiksha telah mengikuti tahapan penyaringan melalui pemungutan suara secara langsung dari Senat Undiksha. Hasilnya, Prof Lasmawan memperoleh 27 suara, disusul Sudiana 6 suara, dan Artanayasa 5 suara. Pada penyaringan ini, ketiganya mengawali dengan paparan visi misi dan program-program yang dinilai sebagai strategi untuk mewujudkan Undiksha semakin baik.*mz

Komentar