nusabali

Rp6 Miliar Percantik Kota Semarapura

  • www.nusabali.com-rp6-miliar-percantik-kota-semarapura

Penataan Kota Semarapura ini sekaligus untuk pengembangan kota wisata.

Ditarget Rampung Jelang HUT Puputan Klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung menganggarkan Rp 6 miliar lebih pada APBD 2016 untuk penataan Kota Semarapura. Dengan penganggaran tersebut kawasan Kota Semarapura lebih tertata lebih indah. Rencana penataan mulai dari Catus Pata di jantung kota dan radius sekitarnya. Pemkab menargetkan penataan sudah  rampung menjelang HUT Puputan Klungkung ke -108, pada 28 April 2016. Karenanya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait diperintahkan Bupati Klungkung untuk segera menyiapkan dokumen lelang pekerjaan. Jika terlambat penataan kawasan kota, terancam berantakan. Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Administrasi Umum/ II  I Ketut Suayadnya menyatakan akan sia-sia atau mubazir penetapan APBD 2016, jika dokumen pekerjaan telat. ‘’APBD 2016 kan sudah selesai. Verifikasi dari Gubernuran juga sudah selesai,’’ ujar Suayadnya, Jumat (18/12). 

Terkait itulah, SKPD terkait tanggap, jangan sampai terlambat, menyiapkan dokumen lelang pekerjaan. Penegasan tersebut, kata Suayadnya sesuai perintah Bupati I Nyoman Suwirta tentang penataan Kota Semarapura. ‘’Targetnya, pertengahan April tahun depan penataan harus sudah rampung,’’ tandasnya.

Sebelumnya, pembahasan soal penataan kawasan Kota Semarapura dilaksanakan di Kantor UPL (Unit Layanan Pengadaan) Kantor Bupati Klungkung. Selain soal rencana penataan kawasan kota, pertemuan di Kantor UPL, membahas persiapan secara menyeluruh penyiapan dokumen pengadaan. “Karena APBD kita kan memang sudah siap. Jangan APBD telat jalan, karena keterlambatan dokumen,” tandas Suayadnya. 
Pimpinan SKPD terkait, kata Suayadnya pada prinsipnya siap mempercepat pengadaan dokumen lelang pekerjaan.  “Tadi sih rata-rata menyatakan siap,” kata dia.

Penataan Kota Semarapura meliputi kawasan jaba tengah Pura Jagatnata, dengan pembangunan wantilan, penataan Monumen Puputan Klungkung, pedestrian di eks lokasi gedung BPD (Bank Pembangunan Daerah) di Jalan Diponegoro. Penataan kawasan Kertagosa, hingga Lapangan Puputan Klungkung. Termasuk rencana pembuatan air mancur animasi dan yang lainnya. Program penataan kawasan Kota Semarapura, sekaligus mengembangkan kawasan Kota Semarapura sebagai city tour (kota wisata). Karenanya Pemkab Klungkung mengalokasikan anggaran lumayan besar, lebih dari Rp 6 miliar. 7 

Komentar