nusabali

Forkom Lalu Lintas Bali Antisipasi Libur Nataru 2023

Jasa Raharja Bali Siaga di Masa Puncak Liburan Akhir Tahun

  • www.nusabali.com-forkom-lalu-lintas-bali-antisipasi-libur-nataru-2023

DENPASAR, NusaBali.com - Menyongsong libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Bali yang diprediksi akan dibanjiri wisatawan berikut berbagai event yang menimbulkan kepadatan lalu lintas, maka Forum Komunikasi Lalu Lintas Provinsi Bali menggelar Rapat Koordinasi terkait Nataru 2023.

Rakor yang menghadirkan pembicara dari Dinas Perhubungan Bali, Polda Bali, Jasa Raharja Cabang Bali, BPBD Bali dan Organda Bali dilaksanakan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bali, Rabu (21/12/2022) siang. Rakor yang dimaksudkan untuk antisipasi kelancaran, keamanan dan ketertiban lalu lintas saat libur Nataru ini juga diikuti berbagai stakeholder dan asosiasi lainnya.

"Setelah rapat ini, kami masing-masing melakukan action di lapangan, karena koordinasi-koordinasi sebelumnya telah dilakukan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta ditemui usai memimpin rakor.

Mengingat semakin dekatnya masa libur Nataru 2023, Samsi Gunarta menegaskan  terus bersinergi dan berkolaborasi untuk mencegah kecelakaan lalu lintas serta memberikan kelancaran, keamanan dan ketertiban di jalan.

"Kami sekarang ini sudah melakukan monitoring harian. Jadi, nanti termasuk kalau ada apa-apa segera bergerak melakukan atensi yang diperlukan dan aksi yang harus dilakukan," ujar Samsi Gunarta.

Sementara itu, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Bali Abubakar Aljufri menyatakan siap memberikan dukungan bagi kelancaran lalu lintas pada masa libur Nataru. “Kami akan mengerahkan 58 personel ke berbagai pos terpadu yang ada. Selain itu juga akan disiapkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis,” kata Abubakar.

"Kami kolaborasi dengan kepolisian untuk memastikan jika terjadi kecelakaan masyarakat memperoleh kepastian jaminan yakni laporan kepolisian. Dengan demikian bagi korban kecelakaan dapat memperoleh hak sebagai warga negara untuk memperoleh jaminan Jasa Raharja," ucapnya.

Demikian pula bagi korban yang meninggal dunia, Jasa Raharja berkolaborasi dengan Polres agar ahli waris memperoleh santunan lebih cepat.

Sejauh ini Jasa Raharja Bali tercatat sebagai cabang Jasa Raharja tercepat di Indonesia yang menyampaikan santunan bagi korban meninggal dunia yakni maksimal 18 jam.

"Ke depan forum ini kami harapkan bisa lebih aktif untuk melakukan pencegahan yakni pada jalur-jalur yang rawan kecelakaan akan ada edukasi seperti pemasangan rambu-rambu atau garis kejut sehingga tidak ada lagi korban kecelakaan," katanya.

Sedangkan Kepala Seksi Cegah Dini Tindak Subditkamsel Ditlantas Polda Bali Kompol I Made Sunarsa mengatakan beberapa objek wisata di Provinsi Bali akan menjadi sasaran pengamanan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023.

"Daerah-daerah wisata yang menjadi tujuan Tahun Baru harus diamankan untuk melancarkan arus lalu lintas. Tidak hanya dari personel Polda Bali, namun juga bersinergi dengan rekan-rekan Dinas Perhubungan," katanya.

Forum Komunikasi Lalu Lintas Provinsi Bali terdiri atas unsur Dinas Perhubungan Provinsi Bali beserta kabupaten/kota, PT Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, BPBD Provinsi Bali, Ditlantas Polda Bali bersama Kasatlantas Polres se-Bali, serta Unit Penyelenggara Pelabuhan Gilimanuk dan Nusa Penida.

Selain itu, KSOP Padangbai, Benoa, Celukan Bawang Otoritas Bandara Wilayah IV, Organda Bali, Asosiasi Sopir Logistik, Gojek Bali, IMI Bali dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya. *ant


Komentar