nusabali

Lewati Badai Pandemi, Hotel di Canggu Ini Semakin Peduli Dampak Lingkungan

  • www.nusabali.com-lewati-badai-pandemi-hotel-di-canggu-ini-semakin-peduli-dampak-lingkungan

MANGUPURA, NusaBali.com – Memprihatinkan. Begitulah kondisi penyedia jasa akomodasi di Bali saat dihantam badai pandemi Covid-19 selama dua tahun lebih. Satu di antara yang berhasil melewati badai ini adalah ZIN Canggu Bali.

Hotel bintang 4 yang memiliki konsep villa and resort ini malah menjadikan masa-masa sulit sebagai tantangan. “Pandemi memukul semua industri pariwisata, terutama akomodasi. Tapi kami harus jadikan ini sebagai peluang berbenah,” ungkap Manengu Peters, owner ZIN Canggu Bali. 

Alhasil hotel yang memiliki 50 kamar ini ‘selamat’ dari badai pandemi. Sebanyak 150 karyawan yang dipekerjakan pun semakin bersemangat menyambut pulihnya pariwisata di Pulau Dewata.

Bahkan perayaan HUT Ke-5 hotel yang berada di kawasan Pantai Batu Bolong, Canggu, Kabupaten Badung ini digelar dengan meriah dari dan oleh segenap karyawan di roof top hotel tersebut pada Jumat (28/10/2022) malam.

“Kami berupaya terus tumbuh dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” kata Manengu. 

Warga negara Belanda berusia 46 tahun ini pun berharap bibit-bibit yang telah ditanam selama 5 tahun terakhir bisa berkembang lebih banyak ke depannya, mulai dari menambah 50 kamar lagi, hingga mempertahankan ciri khas hotel yang ramah lingkungan.

Penataan hotel dibuat dengan banyak ventilasi ruang terbuka, terutama pada bagian restoran yang berada di beranda depan.

Di bagian ini juga terlihat kotak-kotak pengecharge-an baterai sepeda motor listrik yang tentu saja menjadi sebuah bentuk dukungan penggunaan kendaraan listrik di Pulau Dewata. 

“Melalui program ZIN Impact, kami ingin berkontribusi terhadap lingkungan," kata pengusaha yang sejak SD hingga SMA dibesarkan di Palu, Sulawesi Tengah, mengikuti orangtuanya yang berprofesi dokter.

ZIN Impact ini terdiri dari berbagai bidang. Untuk ZIN Academy misalnya, diperuntukkan bagi karyawan yang ingin meningkatkan pendidikannya.

Selanjutnya ada program ZIN Green Mobility.  Program ini mendukung eco-green yang menjadi isu hangat pada Presidensi G20. 

Sejak akhir 2021, ZIN Canggu diketahui getol memanfaatkan kendaraan listrik, khususnya sepeda motor. Selain sebagai armada operasional hotel, juga digunakan oleh para wisatawan yang menginap di hotel tersebut.

Bahkan, Manengu Peters mengungkap rencana membantu kepemilikan sepeda motor listrik ini bagi karyawan-karyawannya. 

Bahkan untuk urusan baterai, ditegaskan akan ditanggung. Ibaratnya karyawan hanya tinggal pakai saja.

Hal ini juga tak lepas dari buah kerja sama Manengu dengan produsen sepeda motor listrik PT Smoot Motor Indonesia serta PT Swap  Energi Indonesia yang menjadi pelopor penggunaan baterai dengan sistem Swap.

“Kami concern dengan pengurangan karbon,” kata pengusaha yang setelah tamat SMA di Palu menempuh pendidikan perguruan tinggi di Amerika Serikat ini.

Masih soal energi ramah lingkungan, Manengu pun mengungkap akan memasang solar panel sebagai sumber tenaga listrik di hotelnya pada tahun 2023 mendatang.

“Sudah menjadi rancangan kami di 2023 mendatang,” tegas Manengu.



Komentar