nusabali

Mengenal Peranan Freight Forwarder dalam Bisnis Ekspor Impor

  • www.nusabali.com-mengenal-peranan-freight-forwarder-dalam-bisnis-ekspor-impor

JAKARTA, NusaBali.com - Dalam kegiatan impor dan ekspor memang melibatkan banyak pelaku di dalamnya. Salah satu pihak yang terlibat dalam pengiriman barang yang akan diekspor keluar negeri adalah freight forwarder atau ekspedisi muatan.

Saat ini, semakin banyak perusahaan freight forwarding baru yang bermunculan. Entah mau atau tidak, mereka harus meningkatkan kualitasnya supaya bisa memberikan service yang lebih baik dan lebih memuaskan.
 
Secara sederhana, tugas perusahaan freight forwarding adalah melayani pelanggan yang ingin menggunaka njasanya yaitu membantu mengirimkan barangnya ketempat tujuan baik dalam negeri ataupun luar negeri. Sebenarnya apa itu forwarder? Apa saja tugas-tugas yang mereka lakukan?
 
Apa itu Freight Forwarding? 

Freight forwarding adalah usaha yang bergerak dalam jasa pengurusan transportasi yang ditujukan untuk mewakili kepentingan pemilik atau mewakili kepentingan si penerima barang antar negara dalam mengurus semua kegiatan yang dibutuhkan untuk terlaksananya pengiriman atau penerimaan barang ekspor ataupun impor dengan menggunakan transport baik lewat transportasi darat, laut ataupun udara. Jadi, perusahaan forwarding ini memiliki tugas untuk mengurus semua kegiatan yang dibutuhkan bagi terlaksananya pengiriman, pengangkutan dan penerimaan barang sehingga barang-barang itu bisa sampai kepada pihak yang berhak untuk menerimanya. 

Tugas Freight Forwarder 

Forwarder biasanya memiliki beberapa tugas khusus dan penting dalam mengantarkan barang. Ada beberapa tugas dari ekspedisi muatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah:

1. Memilih Rute Pengiriman

Memilih rute menjadi bagian yang tak terpisahkan dari forwarder. Manfaatnya adalah agar waktu pengiriman menjadi lebih singkat daripada biasanya. Selain itu tugas dari ekspedisi muatan adalah supaya bisa memilih moda transportasi yang akan digunakan untuk pengiriman serta memesan muat barang baik itu dalam bentuk full container loaded ataupun bentuk LCL atau less container loaded. 

2. Penerimaan Barang

Penerimaan barang juga masuk kedalam tugas ekspedisi muatan. Hal yang mereka lakukan adalah menerima barang dari pelanggan, melakukan packaging dan pemilihan / sortasi. Setelah barang tampak sudah dikemas rapi dan keamanannya terjamin maka langkah berikutnya yaitu dengan melakukan penimbangan berat dan mengatur dimensi barang. Tugas forwarder tidak sampai di situ saja. Mereka juga bertugas menyimpan barang yang sudah rapi dan diukur di dalam suatu gudang. 

3. Pengurusan serta Penerbitan Dokumen

Mengurus pengiriman barang perdagangan internasional serta dokumen yang dibutuhkan adalah salah satu tujuan dari ekspedisi muatan. Mereka harus memahami LoC atau letter of credit yang berisi tentang perdagangan internasional, peraturan yang berlaku di negara impor – melakukan transit – tujuan dari dilakukannya ekspor hingga pada izin bea cukai. 

Manfaat Freight Forwarding untuk Bisnis


4. Melakukan Tugas-Tugas Penting

Ada banyak lagi tugas-tugas lainnya dari ekspedisi muatan antara lain: 
- Menerima barang impor dari pengangkut
- Menyerahkan barang ke consignee dan mendistribusikan barang sesuai dengan permintaan consignee
- Mengurus bea cukai yang masuk serta anggaran yang tertagih dari Pelabuhan transit serta tujuan
- Menerima dan menghitung air waybill dan bill of lading dari transport pengangkutbarang
- Mengurus dan mengajukan klaim kepada pihak asuransi jika ada kehilangan atau kerusakan pada barang

5. Menyederhanakan Proses Ekspor Impor

Sudah lumrah jika proses ekspor impor akan melibatkan jas aekspedisi muatan. Mengingat jarak yang harus ditempuh dalam pengiriman barang antara importir dan eksportir cukup jauh. Sedangkan barang yang harus dikirimkan harus sudah sampai di tangan importer tepat waktu. Peran jasa ini sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses ekspor impor. 

6. Mengurus Persiapan Dokumen yang Dibutuhkan untuk Pengiriman Barang Keluar Negeri 

Keunggulan lain dari layanan ini adalah bisa membantuan dalam membuat beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengiriman barang dari dan keluar negeri seperti
- Bea cukai
- Dokumentasi ekspor impor internasional
- Asuransi
- Packaging 
- Penyimpanan barang (warehousing) 
- Dokumen manajemen inventaris

7. Menyederhanakan Bisnis

Keuntungan lain dari layanan ini, tentu saja, bisa memperlancar bisnis anda. Apalagi untuk anda yang bergerak pada bidang perdagangan yang membutuhkan proses pengiriman yang cepat, mudah yang bisa menempuh jarak jauh. Khususnya dalam proses pengiriman barang ke berbagai pelanggan / konsumen anda, baik yang berdomisili di luar kota ataupun di luar negeri. 

FAQ
 
Mengapa orang memerlukan freight forwarder?

-Peranan jasa freight forwarding sangat mempermudah eksportir maupun importer dalam proses pengiriman barang lintas batas negara. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa freight forwarder berperan sangat besar dalam aktivitas ekspor-impor karena sangat memberikan keuntungan bagi negara kita dan eksportir.

Apa saja jasa dari freight forwarding?

-Kegiatan tersebut di antaranya penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengepakan, penandaan pengukuran, penimbangan, penerbitan dokumen angkutan, pengurusan penyelesaian dokumen, pemesanan ruangan pengangkut, pengelolaan pendistribusian, dan klaim.

Komentar