nusabali

Mau Cepat Langsing? RSD Mangusada Bakal Layani Bedah Penurunan Berat Badan

  • www.nusabali.com-mau-cepat-langsing-rsd-mangusada-bakal-layani-bedah-penurunan-berat-badan

MANGUPURA, NusaBali.com – RSD Mangusada mengadakan seminar mengenai ‘ilmu anti gemuk anti lemak’ untuk persiapan menghadapi medical tourism.

Pada Kamis (20/10/2022) di Ruang Kerta Gosana, Kantor Bupati Badung, RSD mengadakan seminar mengenai bariatric and metabolic surgery. Pembicara yang didatangkan pun tidak tanggung-tanggung yakni Dr Thakoon Poonthananiwatkul dari Vachira Phuket Hospital Thailand.

Dr Thankoon merupakan seorang ahli bedah berpengalaman di bidang penurunan berat badan. Ia sengaja didatangkan dalam seminar untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada para tenaga ahli dan staf rumah sakit daerah milik Pemkab Badung itu.

Pelaksanaan seminar ini tidak terlepas dari persiapan RSD Mangusada dalam menghadapi medical tourism.

Selain diunggulkan dalam bidang kanker dan jantung, rumah sakit daerah yang dipimpin dr I Wayan Darta ini berinisiatif untuk memberikan pelayanan di bidang bedah kosmetik terutama dalam bidang pengurangan lemak atau berat badan.

“Kegemukan merupakan satu permasalah yang diakibatkan genetik maupun sosial budaya. Bedah bariatric merupakan salah satu solusi efektif untuk menurunkan berat badan,” ujar dr Darta ketika dikonfirmasi, Kamis (20/10/2022) sore.

Menurut mantan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Badung ini, kegemukan bukan saja masalah penampilan tetapi juga masalah kesehatan yang krusial. Kegemukan atau obesitas dapat memancing penyakit seperti diabetes melitus tipe dua.

Salah satu cara mencegah hal tersebut, dikatakan dr Darta, adalah melalui prosedur medis seperti bariatric surgery. Kabar baiknya, peralatan untuk melakukan prosedur medis ini sudah ada di RSD Mangusada.

“Di samping untuk menurunkan berat badan secara signifikan, operasi ini juga bisa diaplikasikan untuk permasalahan hipertensi, hiperkolesterolemia, hiperlipidemia, dan diabetes mellitus,” tandas dr Darta.

Meskipun sudah terdapat peralatan medisnya, program ini masih dalam penggodokan lantaran masih diperlukan transfer of knowledge and technology antara RSD Mangusada dengan Vachira Phuket Hospital. Di luar itu, tenaga ahli untuk menjalankan program ini pun masih perlu ditambah. *rat

Komentar