nusabali

Buleleng Miliki Pusat Pembesaran Induk Udang Vannamei, Standar Kualitas Setara Hawaii

  • www.nusabali.com-buleleng-miliki-pusat-pembesaran-induk-udang-vannamei-standar-kualitas-setara-hawaii

SINGARAJA, NusaBali.com – Desa/Kecamatan Tejakula yang berada di Kabupaten Buleleng, Bali, kini memiliki pusat pembesaran udang vannamei kelas dunia.Tak tanggung-tanggung, investasi yang ditanamkan PT Kona Bay Indonesia (KBI) mencapai Rp 40 miliar.

Pembudidayaan udang vannamei itu pun diresmikan pada Kamis (20/10/2022) dengan dihadiri jajaran direksi dan manajemen KBI yang merupakan  perusahaan joint venture antara PT Suri Tani Pemuka dengan Hendrix Genetics. 

Bukan hanya menempati area dengan total luas mencapai 16.000 meter persegi di lokasi Banjar Dinas Suka Dharma, Tejakula.  Namun teknologi yang dibawa ke Bali Utara ini juga terdepan.

“Seperti halnya kantor pusat kami di Hawaii, produk indukan yang kami hasilkan di Tejakula memiliki kualitas yang sama dengan indukan kami di sana,” kata Rafael Jacobus Henri Gerard Beeren, Chief Business Development Officer Management Hendrix Genetics.

Pengoperasian pusat pembesaran induk udang ini pun sudah siap dilakukan per November  2022. Uniknya, pasar yang dibidik bukan ekspor, melainkan pasar nasional. “Kami menargetkan dapat memenuhi 70% permintaan udang vaname di Indonesia,” kata Ari Setiadhi, General Manager Kona Bay Indonesia.

KBI sendiri menargetkan produksi sebanyak 80.000 indukan tiap tahun, yang beroperasi di Tejakula. “Produk indukan tersebut memiliki 4 fase pembesaran. Kami juga senantiasa mengutamakan biosekuriti untuk memastikan produk yang dihasilkan aman dan berkualitas,” ungkap Ari Setiardhi.

“Prioritas utama kami adalah memenuhi permintaan pasar nasional. Kami berharap para pengusaha hatchery di Indonesia dapat memperoleh kualitas indukan udang terbaik,” tegas Ari.

Segmen pasar yang dituju ini tak lepas dari kebutuhan udang vaname di Indonesia yang per tahun menembus sekitar 120.000 ton. Toh walaupun bukan pasar ekspor, kualitas dan standar yang diterapkan sangat tinggi.

Standar ini mengacu pada kantor pusat berlokasi di Waimea, Kauai, negara bagian Hawaii, Amerika Serikat. 

“Demi menjaga standarisasi dan memastikan kualitas indukan, kami berfokus menyediakan hasil  produksi berkualitas didukung dengan teknologi genetik dan pengembangbiakan terkini,” imbuh Rafael Jacobus Henri Gerard Beeren.

Hadirnya KBI di Indonesia diharapkan mampu memotong rantai distribusi, terutama dalam kondisi pandemi yang kala itu menyulitkan proses pendistribusian dari Hawaii ke Indonesia. 

Rafael menambahkan, dengan membangun broodstock multiplication center di Tejakula ini, harapannya mampu memenuhi kebutuhan induk vannamei di seluruh Indonesia. 

Komentar