nusabali

Ribuan HPR di Kuta Disuntik Vaksin Rabies

  • www.nusabali.com-ribuan-hpr-di-kuta-disuntik-vaksin-rabies

MANGUPURA, NusaBali.com – Menjelang penyelenggaraan KTT G20 pada 15-16 November 2022 mendatang, ribuan hewan penular rabies (HPR) di Kecamatan Kuta divaksinasi.

Vaksinasi HPR yang didominasi anjing ini tidak hanya menyasar wilayah penyelenggaraan KTT G20 di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan tetapi juga wilayah penunjangnya seperti Kecamatan Kuta pada Kamis (20/10/2022). Pelebaran cakupan vaksinasi ini tidak terlepas dari capaian vaksinasi HPR di Kecamatan Kuta Selatan yang sudah 70 persen.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, sebagai instansi yang membawahkan bidang kesehatan hewan, pihaknya tengah fokus pada tiga hal yakni penyakit mulut dan kuku (PMK), anjing liar, dan rabies.

“Ini untuk menjaga citra Bali. Di Kuta Selatan sudah 70 persen kini diperlebar ke Kecamatan Kuta dengan populasi sekitar 5.000 ekor HPR,” terang Wijana ketika dikonfirmasi, Kamis sore.

Pelaksanaan vaksinasi HPR di Kecamatan Kuta ini, kata Wijana, menerjunkan 15 tim dengan petugas berjumlah 75 orang. Teknis distribusi vaksin yang diterapkan adalah sistem komunitas dengan memanfaatkan bale banjar dan wantilan. Selain itu, sistem jembut bola dengan mendatangi rumah-rumah warga pun dilakukan demi akselerasi capaian minimal 70 vaksinasi HPR di Kecamatan Kuta.

Pada hari pertama, Rabu (19/10/2022), sudah 1.500 ekor HPR yang berhasil divaksinasi. Jumlah tersebut berasal dari semua kelurahan yang ada di Kecamatan Kuta. Selain menyasar HPR milik warga lokal, giat vaksinasi ini juga merangkul wisatawan asing yang berdomisili di Kecamatan Kuta untuk berpartisipasi dalam proses vaksinasi HPR mereka.

Sementara itu, program vaksinasi HPR ini tidak terlepas dari sokongan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Pada bulan September lalu, Kementan mendistribusikan 91.000 dosis vaksin HPR untuk Provinsi Bali.

Selain dalam rangka KTT G20, giat vaksinasi tersebut juga dirangkaikan dengan World Rabies Day yang jatuh setiap 28 September dengan tema ‘Rabies: One Health, Zero Deaths’. Tema tersebut membawa semangat kesehatan hewan dan manusia demi mengurangi angka kematian akibat gigitan HPR. *rat

Komentar