nusabali

Gencarkan Patroli Pesisir Malam Hari

  • www.nusabali.com-gencarkan-patroli-pesisir-malam-hari

NEGARA, NusaBali
Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Jembrana menggencarkan patroli pesisir dan patroli perairan.

Kegiatan ini sebagai upaya mencegah gangguan keamanan jelang pelaksanan KTT G20 di Bali.  Selain pada siang hari, belakangan kegiatan patroli pesisir juga diintensifkan pada malam ataupun dini hari. Seperti dilaksanakan petugas Pos Polairud di Kelurahan Gilimanuk, Sabtu (15/10) dini hari sekitar pukul 01.00 Wita. Komandan regu jaga, Bripka M Ruslan, dan anggota, Bripka I Gusti Ngurah Arya Wibawa, didampingi perwira pengendali (Padal), Aiptu I Kadek Sudia, turun melalaikan patroli pesisir di pantai Penginuman, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Dalam patroli pesisir itu, petugas sempat menemukan sejumlah warga dari Gilimanuk yang hendak memancing di pantai setempat. Sejumlah warga itu pun sempat diperiksa petugas. Setelah dipastikan tidak ada hal yang mencurigakan, dilakukan dialog untuk menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kepada warga tersebut.

Kasat Polairud Polres Jembrana AKP I Putu Raka Wiratma, Minggu (16/10), mengatakan, kegiatan patroli pesisir itu, dilakukan sebagai upaya mencegah ataupun menjaga keamanan wilayah pesisir. Selain patroli pesisir, patroli perairan juga terus ditingkatkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya orang ataupun barang berbahaya. "Patroli pesisir kita juga rutin dilaksanakan malam hari. Kita memaksimalkan untuk antisipasi 'jalur-jalur tikus' di pesisir dan pelabuhan rakyat," ujar AKP Raka.

Melalui kegiatan patroli tersebut, kata AKP Raka, diharapakan bisa menutup ruang gerak para pelaku kejahatan di luar jalur Pelabuhan Gilimanuk. Mengingat dengan diperketatnya penjagaan di Pelabuhan Gilimanuk, tidak menutup kemungkinan adanya para pelaku kejahatan yang berusaha masuk lewat jalur pesisir.

"Selain untuk memonitor situasi di lapangan, setiap patroli juga dialogis dengan masyarakat. Kami ingatkan untuk bersama-sama menjaga kemanan. Juga mengingatkan agar selalu berhati-hati saat melaut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujar AKP Raka. *ode

Komentar