nusabali

Pedagang Lemon Lokal, Mengais Rezeki dari Buah Pemilik Beragam Manfaat

  • www.nusabali.com-pedagang-lemon-lokal-mengais-rezeki-dari-buah-pemilik-beragam-manfaat

DENPASAR,NusaBali.com - Jika melintas di Jalan Cok Agung Tresna Denpasar, tepatnya di seberang jalan kantor Pengadilan Tata Usaha Negara, hingga seberang Kantor Dispenda Bali akan terlihat pemandangan menarik di bahu jalan sebelah kiri, beberapa pedagang yang menjajakan buah berwarna kekuning-kuningan yang menarik mata.

"Ini buah lemon lokal namanya. Asli dari  perkebunan beberapa daerah di Bali, seperti dari Kintamani Bangli, Payangan Gianyar hingga perkebunan di Buleleng. Buah ini termasuk dalam varietas jeruk dan memiliki rasa yang cukup asam namun memiliki segudang manfaat," ujar Novitasari, salah satu pedagang, Kamis (29/9/2022) siang.
 
Menurut wanita paruh baya yang telah berjualan sejak tahun 2021 lalu, buah lemon dipercaya memiliki beragam manfaat, karena selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh, mengobati sariawan dan melancarkan pencernaan.

"Dan juga banyak pembeli yang datang, katanya bisa untuk membantu diet, serta perawatan kecantikan untuk kulit dan wajah," lanjut perempuan asal Denpasar tersebut.

Senada dengan Novitasari, menurut pedagang lainnya Cisca Martina mengatakan dirinya dalam sehari bisa menjual rata-rata 10 kantong buah lemon lokal ini.

"Kami tidak jual kiloan, tapi jualnya per-kantong. Dalam satu kantong ini terdapat empat sampai lima buah lemon berukuran sedang, harganya dijual mulai Rp 12.000 – Rp 15.000 per kantong," jelas wanita asal Jakarta yang telah lama menetap di Bali ini.

Cisca juga mengatakan dari hasil jualannya dirinya bisa mengantongi sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 per harinya, dimana ia berjualan dari pagi hingga sore hari, tetapi hasil tersebut harus ia bagi lagi dengan bos yang mempekerjakannya dan mensuplai buah lemon tersebut, karena Cisca hanya menjualnya saja.

"Dahulu saat awal-awal pandemi, ramai sekali yang jualan, sekitar belasan orang berjualan menjajakan dagangan seperti ini, kalau saat ini mungkin sekitar lima sampai enam penjual saja yang jualan, tapi tetap di sepanjang jalan ini," ujarnya.

Ia pun berharap dagangan buah lemonnya bisa kembali laris saat masa-masa seperti pandemi dahulu, seperti saat itu Cisca berujar banyak pembeli yang datang, karena buah lemon yang kaya akan Vitamin C ini dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh dan menangkal dari serangan penyakit Covid-19.

"Semoga bisa ramai lagi, apalagi sekarang sudah masuki musim hujan dan biasanya saat-saat itu pembeli mulai berdatangan," pungkasnya.*aps

Komentar