nusabali

Sandiaga Uno Ajak Content Creator Australia Jadi Duta Wisata Bali

  • www.nusabali.com-sandiaga-uno-ajak-content-creator-australia-jadi-duta-wisata-bali

SINGARAJA, NusaBali.com – Content creator Australia yang menetap di Bali, Damian Hoo, 41, didaulat untuk mempromosikan tujuan wisata di Bali Utara dan Bali Barat khususnya di Kabupaten Buleleng.

Permintaan itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, 53, saat mengunjungi Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng pada Jumat (19/8/2022) lalu.

Kunjungan Sandiaga dalam rangkaian visitasi 50 Desa Wisata Terbaik yang masuk nominasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)  2022. Sandiaga tak sendiri, melainkan mengajak Damian ikut ‘berlibur’ ke Desa Wisata Sudaji.

Kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, ia mengajak Damian yang sudah 18 bulan tinggal di Indonesia untuk berperan serta dalam mempromosikan tujuan wisata di Kabupaten Buleleng sehingga bisa menjadi daya tarik dunia khususnya perhelatan G20 dan selanjutnya pasca event tersebut.

“Saya mengajak Damian Hoo sebagai bagian dari langkah konkret untuk mempromosikan tujuan wisata di Bali Utara dan Bali Barat khususnya di Kabupaten Buleleng,” ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan mengunjungi salah satu penginapan berbasis ekowisata yakni OMunity Eco Lodge & Retreat, Damian menantang Sandiaga untuk berakting ala logat Australia demi mengenalkan penginapan tersebut dibalut sindiran jenaka kepada Pauline Hanson.

“Hey, Batik Cowboy,” panggil Sandiaga kepada Damian yang menggunakan topi koboi dan berbaju batik bernuansa jingga tanpa lengan, dalam sebuah video yang mereka unggah bersama di akun Instagram masing-masing, Senin (22/8/2022).

“Hey, Pak Sandi, awas ada kotoran sapi,” kata Damian pada video yang sama. Dialog itu pun ditimpali dengan loncatan kecil oleh Sandiaga seakan menghindari kotoran sapi di tanah.

Sampai saat ini, video tersebut pun sudah mendapatkan lebih dari 7.000 suka dan dibanjiri komentar jenaka dari warganet, termasuk akun ‘sudajitourism’ yang memberi empat emotikon hati berwarna merah.

Dalam sebuah postingan Instagram Damian ketika menemani Sandiaga meresmikan Desa Wisata Sudaji, lulusan Universitas Teknologi Queensland itu mengaku diminta menjadi duta untuk kawasan wisata tersebut.

“Saya juga diminta untuk menjadi duta dari kawasan yang menjadi fokus baru destinasi wisata alam di Bali ini,” tulis Damian dalam sebuah postingan yang diunggahnya setelah kunjungan ke Desa Wisata Sudaji.

Damian juga mengaku tidak menyangka akan mengalami hal seperti itu di Bali, bersahabat dengan seorang menteri dan dipinang menjadi duta wisata. Hal tersebut, kata Damian membuatnya betah berada di Indonesia, khususnya di Pulau Dewata.

“Jika kalian belum pernah sebegininya di Bali, kalian harus datang. Sejujurnya, saya tidak mau pergi dari sini,” tulis Damian yang juga video editor bagi sebuah layanan ojek online di Indonesia.

“Berharap dapat terus mendukung pariwisata Indonesia,” tutup Damian yang diakhiri emotikon bendera Indonesia dan senyum lebar. 

Sebelumnya Sandiaga dan Damian sama-sama mengkritisi pernyataan kontroversial senator Australia Pauline Hanson yang menyudutkan Bali.

Kedekatan tersebut pun berlanjut saat mereka saling menyahuti pada masing-masing kolom komentar di postingan yang masih berkaitan dengan serangan senator negara bagian Queensland, Australia itu terhadap pariwisata Bali. *rat

Komentar